Walikota Gunungsitoli menyerahkan sejumlah bantuan bibit ternak secara simbolis kepada Kelompok Tani di Kota Gunungsitoli. Kegiatan ini berlangsung di Kantor BPPK Kecamatan Gunungsitoli Utara, Selasa 7 Agustus 2018 dan dihadiri oleh Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, serta para peyuluh pertanian dan Kelompok-kelompok tani penerima bantuan.

Bantuan ternak ini terdiri dari ternak Babi dengan jenis Landrace dan Yorkshire sebanyak 30 ekor yang dibagi rata kepada tiga kelompok tani yaitu Kelompok Tani Tunas Baru (Desa Tetehosi Afia), Kelompok Sisaraewali (Desa Tetehosi Afia), dan Kelompok Hikmah (Desa Tetehosi Afia). Selain ternak Babi, bibit ternak ikan Nila sebanyak 1000 ekor yang bersumber dari BBIAT Kota Gunungsitoli juga diberikan kepada Kelompok Perikanan Samaeri (Desa Tetehosi Afia) dan Kelompok Perikanan Gemafamili  (Desa Sihareo Siwahili, Kecamatan Gunungsitoli Barat), masing-masing sebanyak 500 ekor.

Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di halaman Kantor BPPK Kecamatan Gunungsitoli Utara dan dilanjutkan dengan penanaman cabe di lahan percontohan yang berada di area kantor tersebut. Walikota Gunungsitoli didampingi  Asisten Lingkup Setda Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Bappeda, Kepala DPMPPTSP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kabag Lingkup Setda Kota Gunungsitoli bersama-sama turun ke lahan pertanian dan menanam bibit cabe secara langsung. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi semangat kepada para penyuluh dan kelompok tani agar semakin termotivasi dan giat dalam melaksanakan tugasnya.

Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua berharap agar bantuan bibit ternak ini dapat dimanfaatkan dan dikembangkan dengan sebaik-baiknya  agar memperoleh hasil yang maksimal bagi peningkatan perekonomian masyarakat. Selain itu, beliau juga berharap agar bantuan bibit ternak babi dan ikan tersebut dapat segera dibagikan kepada kelompok-kelompok tani dan perikanan lainnya yang masih belum mendapat kesempatan.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan peninjauan di lokasi pembibitan ternak babi dan pembibitan ikan yang berada di desa tersebut.

Galeri foto:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini