Gunungsitoli (27/06/2024) Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, S.E., M.Si melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Gunungsitoli Barat. Kegiatan kunker yang dilaksanakan merupakan kunker ke-4 (empat), dimana sebelumnya kegiatan kunker dilaksanakan di Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa. Kunjungan tersebut disambut hangat oleh masyarakat setempat, Kamis (27/06/2024).

Sebelum tiba di Kantor Kecamatan, Kegiatan kunker diawali dengan mengunjungi sekaligus menyalurkan bantuan kepada anak penderita stunting di desa Tumori, serta meninjau Puskesmas Gunungsitoli Barat dan memberi arahan kepada Tenaga Medis dan Staf Puskesmas di aula Puskesmas.

Setelah peninjauan, dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi bertempat di Balai Pertemuan Kantor Kecamatan Gunungsitoli Barat. Dalam arahannya, Wali Kota Gunungsitoli menyampaikan bahwa kunjungan kerja dilaksanakan untuk melihat bagaimana situasi penyelenggaraan pelayanan, pembangunan yang sedang berlangsung khususnya di Kecamatan Gunungsitoli Barat. 

“Kami sebelumnya sudah meninjau beberapa lokasi baik itu puskesmas, beberapa anak yang menderita stunting, dan setelah ini dilanjutkan lagi ke titik lokasi yang lain. Alasan kami meninjau bahwa ini adalah tahapan perencanaan rencana kerja pembangunan tahun 2025 serta melihat kondisi-kondisi apa saja yang harus diprioritaskan,” ucapnya

Di kesempatan tersebut, Wali Kota juga mengingatkan bahwa Pemko Gunungsitoli memiliki program yaitu Gunungsitoli Hebat, program 100 beasiswa di Universitas Nias, apabila ada putra/putri yang baru tamat SMA dan ingin melanjutkan kuliah dan lolos seleksi administrasi maka calon mahasiswa yang memenuhi syarat, akan mendapatkan biaya kuliah gratis sampai selesai masa perkuliahan.

“Ini suatu keharusan untuk dilakukan, dan ke depan akan berlanjut seperti ini sehingga dalam melakukan segala pekerjaan pemerintahan, baik dari segi pelayanan, pembangunan, penyelenggara pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Kami sangat mengharapkan dukungan kepada pemerintahan kecamatan dan desa agar pelayanan serta taraf hidup masyarakat dapat lebih ditingkatkan lagi. Kedepan kita akan lebih fokus lagi dalam mengembangkan dunia pendidikan di Kota Gunungsitoli. Harapannya, jangan hanya bangunan saja yang bagus namun kualitas pendidikan juga bagus sehingga tenaga pendidik diharapkan dapat lebih bekerja keras. Karena cikal bakal dalam kemajuan suatu daerah adalah pendidikan yang baik,” pesannya.

Tidak hanya itu, diakhir arahannya Wali Kota juga menyerahkan BLT kepada warga dan melakukan dialog interaktif dengan warga yang hadir di Kecamatan Gunungsitoli Barat. Beberapa di antara mereka memberikan masukan untuk perkembangan desa di Kecamatan Gunungsitoli Barat ke depan. Masukan yang diberikan ditanggapi langsung oleh Wali Kota.

Setelah Rapat Koordinasi di Kecamatan, Wali Kota bersama dengan Kepala OPD melanjutkan peninjauan di lokasi lain, yaitu meninjau lokasi Sarpras Air Bersih SPAM di Desa Lolomoyo Tuhemberua; Penyerahan bibit babi program pemberdayaan masyarakat yang dibiayai dari DD di Kantor Desa Sihareo Siwahili; Meninjau hamparan sawah Lazasebolo dan menanam cabe di Desa Sihareo Siwahili; Meninjau SD Sihareo dan Kunjungan ke rumah stunting yang di fasilitasi oleh Dinas Kesehatan, DP5A dan BPBD.

Selain itu, kunker Wali Kota juga dirangkaikan dengan mendatangi dan melihat secara langsung Pelayanan Administrasi Kependudukan Oleh Dinas Dukcapil di rumah warga, Pelayanan Perizinan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Rumah Warga dan Pelayanan/Pendampingan mendapatkan Nomor Induk Berusaha dan Akun Sistem Informasi Industri Nasional, yang difasilitasi oleh Dinas Perindustrian juga di Rumah Warga.

Turut Hadir Anggota DPRD Dapil II, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Asisten Sekda, Kepala Bagian Lingkup Setda Kota Gunungsitoli serta sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemko Gunungsitoli

(Press Release No.135/PR-Diskominfo/2024 tanggal 27 Juni 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini