Gunungsitoli (10/05/2023) Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Perindustrian Dan Koperasi, UKM Kota Gunungsitoli menggelar Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi (Akuntansi) Bagi Pengurus Koperasi Di Kota Gunungsitoli Tahun Anggaran 2023. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Gunungsitoli Eka Kurniawan Harefa, ST.,M.Si, bertempat di Hotel Dian Otomosi, Kota Gunungsitoli, Selasa (09/05/2023).

Dalam sambutannya, Eka menyampaikan bahwa Pemko Kota Gunungsitoli melalui Dinas Perindustrian Dan Koperasi, UKM Kota Gunungsitoli melakukan langkah-langkah yang terencana di dalam memberdayakan koperasi di Kota Gunungsitoli, dimana salah satunya adalah melaksanakan kegiatan pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi (Akuntansi) Bagi Pengurus Koperasi Di Kota Gunungsitoli Tahun Anggaran 2023.

Dijelaskannya, pelatihan ini bertujuan agar setiap pengurus koperasi memahami aturan yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan koperasi, dapat menyusun dengan lengkap laporan keuangan koperasi, serta dapat memahami cara-cara mengatasi persoalan dalam penyusunan laporan keuangan koperasi.

“Diharapkan kepada Dinas Perindustrian Dan Koperasi, UKM Kota Gunungsitoli dapat mengawal koperasi-koperasi yang ada di wilayah Kota Gunungsitoli serta memfasilitasi koperasi tersebut sehingga seluruh koperasi tersebut dapat aktif sesuai ketentuan yang ada serta juga mengevaluasi bersama Dekopinda  mana koperasi yang tidak sehat atau tidak aktif,” tegas Eka

“Kepada Bapak/Ibu peserta pelatihan yang hadir pada saat ini, kita menyadari bahwa proses pemberdayaan koperasi tidaklah mudah. Untuk itu kami mengharapkan keseriusan Bapak/Ibu di dalam mengikuti seluruh rangkaian pelatihan ini, sehingga nantinya seluruh pengetahuan yang diperoleh selama pelatihan dapat diterapkan pada koperasinya masing-masing sehingga koperasi dapat berkembang, dapat tetap aktif dalam menjalankan usaha-usaha koperasinya,” tutup Eka mengakhiri sambutannya

Sebelumnya, Laporan Pelaksanaan Kegiatan yang dibacakan oleh Sozawato Nazara, S.Kom menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi (Akuntansi) Bagi Pengurus Koperasi Di Kota Gunungsitoli Tahun Anggaran 2023 adalah agar pengurus koperasi dapat memahami dengan jelas aturan dan tata kelola keuangan koperasi serta agar pengurus koperasi terampil dalam menyusun dan membuat laporan keuangan koperasi dan dapat mengevaluasi laporan keuangan yang telah dibuat.

Masih disampaikannya, bahwa kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 3(tiga) hari dari tanggal 09 Mei-11 Mei 2023 bertempat di Hotel Dian Otomosi, Jalan Yos Sudarso Kota Gunungsitoli.

Peserta pelatihan sebanyak 25 orang yang terdiri dari 19 koperasi yang ada di Kota Gunungsitoli. Beberapa koperasi yang ikut pelatihan, ada sebanyak 6 koperasi yang belum melaksanakan RAT TB.2022 dan sebanyak 13 koperasi yang sudah RAT TB.2022.

Adapun Narasumber pada kegiatan pelatihan tersebut Toto Budiharto UPT Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara. Turut hadir Kepala Dinas Perindustrian Dan Koperasi, UKM Kota Gunungsitoli Yarniwati Gulo, S.Sos.,M.Si, Ketua Dekopinda Kota Gunungsitoli, Kepala Bidang, Sekretaris, UPTD Dinas Perindustrian Dan Koperasi, UKM Kota Gunungsitoli dan peserta pelatihan.

Press Release No. 033/PR-Diskominfo/2023 Tanggal 10 Mei 2023)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini