Gunungsitoli (28/04/2021), Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua didampingi Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE. M.Si menyampaikan pidato perdana pasca pelantikan pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Gunungsitoli, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Gunungsitoli, Jl. Gomo No. 37 Gunungsitoli Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli, Rabu 28 April 2021.

Agenda Rapat Paripurna Istimewa DPRD tersebut dipimpin dan dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Yanto. Rapat ini merupakan kewajiban konstitusional perdana Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pasca pelantikan sebagai Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli periode 2021 – 2024 sebagaimana diamanatkan dalam ketentuan perundang-undangan.

Walikota Gunungsitoli dalam pidato perdananya, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberi dukungan, komitmen, dan kepercayaan, dari seluruh masyarakat Kota Gunungsitoli untuk memimpin kembali pemerintahan di Kota Gunungsitoli pada periode kedua. Kepercayaan masyarakat ini merupakan amanah rakyat kepada para pimpinan daerah yang telah sepakat dan berkomitmen mewujudkan perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat menuju Kota Gunungsitoli yang berdaya saing, nyaman, dan sejahtera dalam seluruh aspek dan dimensi pembangunan.

”Bila kita refleksikan sejenak perjalanan lima tahun periode pertama kepemimpinan kami, terlihat kepada kita semua hasil capai dari upaya bersama, kerjasama dan kerja keras bersama dari seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan. Beberapa indikator makro pembangunan daerah yang pada awal pemerintahan kami cenderung mengalami perkembangan stagnan, namun pelan tapi pasti terus menunjukkan trend positif dari waktu ke waktu. Demikian juga halnya dalam kondisi keterbatasan anggaran, secara proposional kita telah mampu menetapkan skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan infrastruktur dasar dan strategis di wilayah Kota Gunungsitoli, sehingga secara bertahap ketimpangan pembangunan antar wilayah dan keterisoliran wilayah, mampu kita kurangi,” ungkap beliau pasti.

”Tantangan yang dihadapi dalam periode kedua kepemimpinan kami, tentunya jauh berbeda dengan kondisi lima tahun sebelumnya. Kompleksitas permasalahan yang dihadapi dan dinamika kehidupan sosial kemasyarakatan yang semakin berkembang saat ini, akan sangat sulit dihadapi jika kita berjalan sendiri-sendiri, bila tidak memiliki gerak langkah yang sama dalam membangun Kota Gunungsitoli,” papar Walikota Gunungsitoli optimis.

Mengakhiri pidatonya, Walikota Gunungsitoli mengharapkan agar semua elemen masyarakat Kota Gunungsitoli tetap bersatu padu, menghilangkan berbagai perbedaan. Hiruk pikuk Pemilukada sebelumnya dengan berbagai narasi perbedaan selama ini, saatnya ditanggalkan. Beliau berpesan agar tidak ada lagi sekat-sekat pembatas satu sama lain. Segera berbenah untuk menatap masa depan, bersama-sama mewujudkan visi misi Kota Gunungsitoli yang berdaya saing, nyaman, dan sejahtera.

Rapat Paripurna Istimewa DPRD berlangsung dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan dengan diawali dengan acara Serah Terima Jabatan dari Pelaksana Harian Walikota Gunungsitoli Ir. Agustinus Zega kepada Walikota Terpilih Ir. Lakhomizaro Zebua yang disaksikan oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Gunungsitoli, Unsur Forkopimda, para Kepala Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, dan hadirin lainnya.

(Press Release No. 64/PR-Diskominfo/2021 Tanggal 28 April 2021).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini