Wajah Baru Objek Wisata Air Terjun Humogo

4
12562

Menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan adalah salah satu pilihan paling tepat untuk dapat kita dilakukan setelah sepanjang hari sebelumnya disibukkan dengan aktifitas sehari-hari yang padat. Tentunya waktu libur diakhir pekan ini dapat digunakan untuk berkumpul bersama dengan keluarga di rumah. Namun bagi yang memutuskan untuk mencari kesegaran dan menjernihkan pikiran dengan berekreasi bersama orang-orang tercinta di luar rumah, Kota Gunungsitoli menyediakan beberapa tempat rekreasi luar ruangan yang dapat menjadi pilihan. Diantaranya seperti Kawasan Taman Ya’ahowu, Tugu Peringatan Gempa, Museum Pusaka Nias, maupun Pantai Hoya. Kesemuanya menawarkan keunikan dan sensasinya masing-masing.

Namun demikian jangan melupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi yang beberapa saat lalu booming dikalangan pecinta rekreasi wisata alam di Kota Gunungsitoli. Objek wisata tersebut adalah Air Terjun Humogo.

Objek wisata Air Terjun Humogo yang terletak sekitar 18 Km dari pusat Kota Gunungsitoli ini, sekarang sudah bersolek diri sehingga penampilannya jauh lebih cantik dan menarik. Beberapa pembenahan dan penambahan fasilitas pedukung agar menambah kenyamanan pengunjung/wisatawan telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Salah satunya adalah akses masuk menuju lokasi air terjun yang dulunya cukup sulit untuk dilalui oleh kendaraan bermotor, sekarang telah diaspal mulus sehingga kendaraan roda 4 (empat) sekalipun dapat memasuki kawasan ini dengan aman. Selain itu, disediakan juga area parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan yang letaknya tidak terlalu jauh dari area air terjun, sehingga para pengunjung dapat berjalan kaki dari areal parkir sambil berolahraga ringan dan menghirup udara yang segar.

Untuk kenyamanan para pejalan kaki, di lokasi ini telah dibangun jalur khusus untuk pedestrian terutama pada ruas yang cukup terjal sehingga terhindar dari resiko terpleset, khususnya di musim penghujan.

Fasilitas seperti pondok-pondok terbuka untuk bersantai pun telah disediakan dengan akses undakan yang dicat dengan warna-warni yang membuat pengunjung akan semakin menikmati suasana alam yang asri di kawasan objek wisata ini. Selain itu, toilet umum juga telah sediakan sehingga pengunjung yang ingin bersalin/bertukar baju maupun dalam keadaan darurat karena “panggilan alam” 😀 tidak perlu bingung untuk mencari tempat yang pantas.

Perlu diketahui bahwa Air Terjun Humogo ini cukup unik karena memiliki bentangan air terjun yang cukup lebar dikedua sisi. Tinggi air terjunnya mencapai 8 (delapan) meter dan lebarnya kurang lebih 8 (delapan) meter juga. Di sini para wisatawan dapat menikmati segarnya air terjun yang mengalir sambil berendam di dalam kolam air alami yang tidak terlalu dalam. Tentunya bagi keluarga yang membawa serta anak-anak, agar lebih memperhatikan keamanan si buah hati dan menyadari pentingnya pengawasan ekstra.

Untuk menjaga kelestarian alam kawasan objek wisata ini tentunya juga perlu kesadaran dari diri kita masing-masing sebagai pengunjung dengan tidak membuang sampah sembarangan maupun merusak fasilitas umum yang tersedia di tempat ini. Sebaiknya dihindari keinginan untuk meninggalkan kesan berlebihan di tempat ini dengan cara yang salah seperti mencoret-coret batu,mengukir batang pohon dan perilaku-perilaku vandalisme lainnya.

Fasilitas-fasilitas pendukung lainnya tentu akan segera ditambahkan dan diharapkan dapat diselesaikan pada tahun 2019 ini. Jadi tunggu apalagi, mari kita beramai-ramai mengunjungi objek wisata kebanggaan Kota Gunungsitoli ini. Apalagi dengan cuaca terik dan cukup panas di hari ini, menikmati udara alam yang asri dan kesegaran air terjun yang alami tentu adalah pilihan yang tepat.

Selamat Berwisata!

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here