Ya’ahowu #sobatwisata !

#SailNias2019 sudah di depan mata. Yuk, ke Kota Gunungsitoli. Di Museum Pusaka Nias akan ada kegiatan International Seminar On Nias Heritage loh!

Berikut panduan perjalanan yang bisa sobat ikuti.

🛄…… âœˆï¸…… ðŸ›³

Museum Pusaka Nias (MPN) adalah satu-satunya museum yang dapat kita temui di Pulau Nias. MPN berada di Jl. Yos Sudarso no. 134, berjarak sekitar 1 Km dari Pusat Kota. Museum ini memiliki koleksi ribuan benda purbakala dan artefak yang menjadi bukti peradaban Ono Niha (Suku Nias). Bila mengunjungi museum ini, wisatawan dapat melihat penampilan tarian dan atraksi alat musik tradisional Nias.
Untuk yang datang berkunjung ke Kota Gunungsitoli, dapat mencapai tempat ini melalui dua pintu masuk utama yaitu Bandara Binaka dan Pelabuhan Laut Kota Gunungsitoli.
.
✈️
Bandara Binaka – Pusat Kota (Kawasan Tugu Gempa). Dari Bandara Binaka di Kota Gunungsitoli, naik mobil angkutan travel berupa Minibus/MPV biasanya tipe avanza menuju pusat Kota Gunungsitoli. Waktu tempuh normal yang dibutuhkan sekitar ± 45 menit.

Pusat Kota (Kawasan Tugu Gempa) – Museum Pusaka Nias (MPN). Tiba di Pusat Kota, anda akan melihat kawasan Tugu Gempa yang berada di ruas jalan Gomo. Dari lokasi ini, perjalanan dilanjutkan menuju Museum Pusaka Nias yang berjarak sekitar 1 Km dengan waktu tempuh ± 15 Menit.

Lokasi menarik yang bisa di lihat dan dikunjungi selama perjalanan: Harimbale (Pekan/Pasar rakyat) di Desa Foa, Harimbale (Pekan/Pasar rakyat) di Desa Humene, Air Terjun Humogo, Situs bersejarah Lewatö Sibatua dan Tumba Ana’a, Tebing dan Gua Laowomaru, Taman Doa Bunda Maria, Tugu Meriam di Kampung Baru, Tugu Gempa di Jalan Gomo.

.
🛳️
Pelabuhan Laut – Museum Pusaka Nias.

Dari pelabuhan laut, perjalanan menuju MPN sekitar ± 950 m. Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti becak, ojek roda dua, ataupun minibus. Jika barang bawaan cukup ringan, anda bisa memilih berjalan kaki menuju museum.

Lokasi menarik yang bisa dilihat selama perjalanan: Mercusuar Laverna, Gereja Hosiana.

Catatan: kunjungan ke beberapa lokasi menarik lainnya, akan menambah waktu tempuh normal yang dibutuhkan.

#gunungsitolitourism #kenaliwisatamu #kenalidaerahmu #sailnias2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here