Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli menggelar kegiatan Sunatan Massal Tahun 2019 di enam kecamatan di wilayah Kota Gunungsitoli melalui UPTD Puskesmas se-Kota Gunungsitoli. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli dalam rangka implementasi program pelayanan kesehatan penduduk miskin atau kurang mampu di Kota Gunungsitoli sebagai bentuk kepedulian Pemerintah kepada masyarakat khususnya bagi keluarga yang kurang mampu.


Kegiatan sunatan massal di enam kecamatan se-Kota Gunungsitoli diikuti oleh 50-100 peserta per kecamatan, dengan menyediakan tenaga medis dari masing-masing puskesmas itu sendiri. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 26 Juni 2019 dan akan selesai pada pertengahan Juli 2019, dengan akumulasi waktu pelaksanaan selama 2-3 hari per kecamatan dengan hari/tanggal yang berbeda-beda.


Dalam rangka membantu warga kota Gunungsitoli terutama keluarga yang kurang mampu, karena pelaksanaan sunat sudah merupakan bagian dari budaya masyarakat nias, sehingga untuk membantu pembiayaan pelaksanaan sunat, tahun ini Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli telah menganggarkan untuk 400 orang peserta sunat dengan quota masing-masing kecamatan, dan kegiatan ini sudah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.


Pada setiap pelaksanaan di UPTD Puskesmas diawali dengan acara pembukaan dan doa bersama, selama pelaksanaan terpantau berjalan lancar dan masyarakat sangat antusias untuk mengikuti kegiatan dimaksud. Kepada setiap anak yang telah di sunat akan mendapatkan pelayanan lanjutan yaitu dua kali ganti perban dimasing-masing puskemas, segala biaya obat dan BMHP pada pelakasanaan sunat tidak dipungut biaya atau GRATIS.
Berikut jadwal pelaksanaan kegiatan per kecamatan:

  1. UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli: 1 s/d 5 Juli 2019 (peserta: 100 orang)
  2. UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli Selatan: 24 s/d 27 Juni 2019 (peserta: 75 orang)
  3. UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli Utara: 6 s/d 9 Juli 2019 (peserta: 75 orang)
  4. UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli Barat: 26 s/d 29 Juni 2019 (peserta: 50 orang)
  5. UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli Idanoi: 24 s/d 27 Juni 2019 (peserta: 50 orang)
  6. UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa: 27 s/d 28 Juni 2019 (peserta: 50 orang)

Menurut pantauan Humas Pemko, kegiatan berjalan lancar dan masyarakat yang mengikuti turut antusias serta menaruh respek akan program Pemerintah yang berbasis pelayanan kesehatan masyarakat ini, seraya meminta agar program ini senantiasa berkelanjutan dan berharap agar quota peserta dapat ditingkatkan untuk di masa-masa yang akan datang.

-HumasPemko-

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini