Hari ke II Forum Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli Tahun 2019 berlangsung padat, dengan materi pembahasan meliputi Bidang Pembangunan Manusia dengan sebagai narasumber dan pemapar materi adalah Kepala Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan anak Kota Gunungsitoli, serta Kepala Dinas Sosial Kota Gunungsitoli.

Sebagai moderator pada pelaksanaan forum hari ke II ini adalah Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik dan pembanding adalah Bapak FG. Marthin Zebua, Bapak Joni A.R. Nazara, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Gunungsitoli.

Dalam pemaparan, masing-masing narasumber menyampaikan program-program unggulan yang direncanakan untuk dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang di Kota Gunungsitoli. Sejumlah program yang dipaparkan merupakan hasil kajian dari Perangkat daerah yang menjadi solusi bertahap atas beberapa permasalahan yang masih ditemui di tahun sebelumnya. Sejumlah hal yang menjadi pembahasan pada forum hari ini adalah terkait jumlah partisipasi anak usia 4-6 tahun pada pendidikan anak usia dini di Kota Gunungsitoli yang dianggap masih belum maksimal. Selain itu perlunya penyediaan sarana yang mumpuni untuk mewujudkan Kota Gunungsitoli sebagai Kota ramah anak seperti kebutuhan air untuk sanitasi di sekolah-sekolah serta pentingnya peningkatan dan penambahan sarana kesehatan bagi masyarakat Kota Gunungsitoli.

Beberapa hal di atas adalah sebagian kecil dari banyaknya saran yang disampaikan oleh para hadirin dan menjadi masukan yang berarti bagi para Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli untuk kembali melakukan penajaman terkait rancangan rencana kerja mereka di Tahun 2020 mendatang.

Dalam penegasannya, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli mengharapkan agar setiap Perangkat Daerah dapat bergerak cepat dengan mempersiapkan langkah-langkah awal yang diperlukan untuk mewujudkan setiap program yang direncanakan ke depan. Dengan demikian, segala kelemahan yang yang telah diidentifikasi dapat diperbaiki dan tidak terulang kembali pada masa yang akan datang.

“Siapkan data-data dan lakukan pemetaan terhadap setiap permasalahan sehingga kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli terhadap pembangunan Kota Gunungsitoli benar-benar bermanfaat dan berguna bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat” ujar beliau sembari mengingatkan beberapa detail-detail lainnya terhadap beberapa program yang direncanakan oleh Perangkat Daerah.

Antusiasme terus terlihat hingga akhir kegiatan dimana para peserta terus menyimak dengan seksama setiap sesi yang berlangsung hingga pada saat penandatangan berita acara dilakukan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini