Menjelang penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa secara serentak di 28 Desa di Kota Gunungsitoli, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan Kota Gunungsitoli melaksanakan Deklarasi Pilkades Damai di halaman Kantor Walikota Gunungsitoli, Kamis 6 Desember 2018 dengan mengundang seluruh calon kepala desa, BPD dan Panitia penyelenggara pilkades serta masyarakat dengan disaksikan oleh Walikota Gunungsitoli dan Wakil Kapolres Nias.

Pada kegiatan ini, para calon kepala desa mengucapkan deklarasi secara bersama-sama dengan menyatakan bahwa akan menjaga penyelenggaraan Pilkades agar dapat berjalan dengan baik serta bersaing dengan sehat dan penuh sportifitas.

Deklarasi ini pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan situasi kondisi yang aman dan kondusif sebab dalam pelaksanaannya akan terjadi berbagai dinamika yang disebabkan oleh perbedaan pemahaman terhadap ketentuan sehingga berpotensi menimbulkan perbedaan pendapat. Oleh karena itu, Walikota Gunungsitoli dalam arahannya mengatakan agar setiap calon kepala desa agar bersikap yang sportif, beretika dan berkompetisi secara sehat dan jujur. Ia berpesan agar setiap pihak seperti panitia pilkades, kepala desa, camat hingga dinas teknis terkait agar turut berkontribusi aktif menjaga kondusifitas dan ketertiban pendukung di wilayahnya masing-masing.

Secara khusus, Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Nias yang telah menginisiasi pelaksanaan deklarasi pilkades damai ini sembari mengharapkan agar pihak Kepolisian memberikan pengamanan penuh pada setiap proses dan tahapan Pilkades di Kota Gunungsitoli.

Pada deklarasi ini, seluruh calon kepala desa beserta BPD dan Panitia Pilkades membubuhkan tanda tangannya diatas selembar spanduk putih sebagai tanda siap dan sepakat agar Pilkades di Kota Gunungsitoli harus  berjalan dengan baik, aman dan tertib. Walikota Gunungsitoli dan Wakapolres Nias juga turut menandatangani spanduk tersebut sebagai bentuk dukungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here