Sekitar 500 orang ikut ambil bagian sebagai peserta dalam pelaksanaan Diklat  Pemberdayaan Masyarakat Ketrampilan Pelaut Kapal Niaga yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Kantor Syahbandar dan Operasional Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kota Gunungsitoli.

Seluruh peserta berasal dari masyarakat se-kepulauan Nias, baik umum maupun siswa-siswi alumni sekolah bidang kelautan yang ingin meningkatkan kompetensinya di bidang Ketrampilan Pelaut Kapal Niaga.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Dian Otomosi dan dijadwalkan dilaksanakan dari tanggal 1 Oktober s.d 12 Oktober 2018, merupakan implementasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2012 tentang Sumber Daya Manusia di bidang transportasi dan juga Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi sekolah menengah kejuruan, serta dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia.

Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua yang membuka pelaksanaan diklat, dalam kata sambutannya mengatakan bahwa, pelaksanaan diklat ini sebagai bentuk konkrit implementasi program Nawacita Pemerintah Pusat yatu membangun Tol Laut. Dalam penyelenggaraannya, program Tol Laut tentunya membutuhkan Sumber Daya Manusia yang berkompeten untuk ditempatkan sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Ini diharapkan dapat menjadi suatu peluang kerja bagi masyarakat Kota Gunungsitoli secara khusus, untuk mengambil perannya masing-masing dalam rangka mensukseskan program tersebut.

Pemerintah Kota Gunungsitoli menyambut baik dan mendukung terselenggaranya acara ini, dan secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Politeknik Pelayaran Sumatera Barat sehingga Diklat Pemberdayaan Masyarakat Ketrampilan Pelaut Kapal Niaga dapat dilaksanakan di Kota Gunungsitoli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here