Fraksi-fraksi di DPRD Kota Gunungsitoli menyampaikan Pemandangan Umum terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Kota Gunungsitoli TA. 2018 setelah sebelumnya pada hari Senin, 10 September 2018, Walikota Gunungsitoli menyampaikan Nota Keuangan Perubahan APBD Kota Gunungsitoli di ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Gunungsitoli.

Dalam kata pengantarnya ketika menyampaikan nota keuangan tersebut, Walikota menyebutkan bahwa dalam kerangka menindaklanjuti Nota Kesepakatan KUA dan PPAS PAPBD Kota Gunungsitoli Tahun Anggaran 2018, Pemerintah Daerah menyusun Nota Keuangan yang dimaksudkan untuk memberikan penjelasan tentang substansi dari rencana usulan PAPBD Kota Gunungsitoli sampai dengan akhir Tahun Anggaran 2018 berdasarkan realisasi semester pertama dan perkiraan realisasi semester kedua Tahun Anggaran berjalan.

Sesuai dengan jadwal maka pada hari ini, Fraksi DPRD Kota Gunungsitoli menindaklanjuti dengan mengadakan rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kota Gunungsitoli terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Kota Gunungsitoli TA. 2018. Adapun poin-poin yang disampaikan oleh masing-masing fraksi dalam pemandangan umum tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Fraksi Demokrat
  • Alokasi dana yang telah dianggarkan kembali agar dapat tepat sasaran dan tidak mengakibatkan kerugian dalam keuangan belanja daerah.
  • Menghimbau agar seluruh kegiatan yang telah dianggarkan dalam PAPBD TA. 2018 dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu mengingat akhir tahun 2018 tinggal beberapa bulan lagi.
  1. Fraksi Partai Golkar
  • Pemerintah Kota Gunungsitoli agar lebih mengutamakan kegiatan dan program yang memiliki manfaat terhadap kepentingan langsung masyarakat serta dapat membantu memecahkan masalah yang dihadapi sebagai upaya konkrit dalam mengakselerasi pertumbuhan sosial-ekonomi masyarakat secara menyeluruh.
  1. Fraksi PDI Perjuangan
  • Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli agar mengoptimalkan pencapaian indikator sasaran, outcome dan output yang menjadi target dari seluruh kegiatan atau program yang dicanangkan.
  • Penyusunan dan pembahasan PAPBD TA. 2018 harus berpegang teguh pada prinsip-prinsip efisiensi, efektifitas, ekonomis dan harus mencerminkan respon pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat serta mempunyai kapasitas untuk menyelesaikan sebagian besar problem masyarakatnya.
  • Diharapkan agar Pemerintah Kota Gunungsitoli dapat memaksimalkan serapan anggaran PAPBD TA. 2018 mengingat waktu yang tersedia relatif singkat sehingga program-program yang ada di dalamnya dapat secara optimal dirasakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Gunungsitoli.
  1. Fraksi Gerakan Perubahan Indonesia Raya
  • Mengharapkan pelaksanaan PAPBD Kota Gunungsitoli TA. 2018 ini tepat sasaran dan tepat waktu.
  • Mengharapkan Pemerintah Kota Gunungsitoli agar memperhatikan/menindak kegiatan bongkar muat barang yang masih dilakukan oleh sejumlah pengusaha material bangunan di sepanjang jalan kota Gunungsitoli yang mengakibatkan kemacetan.
  • Pemerintah Kota Gunungsitoli agar dapat merealisasikan Komitmen yang telah disepakati sebelumnya dengan Dinas TRPK Kota Gunungsitoli pada PAPBD TA. 2018.
  • Pemerintah Kota Gunungsitoli agar menertibkan penggalian bahan galian golongan C yang selama ini sering dikeluhkan oleh masyarakat.
  1. Fraksi Hanura
  • PAPBD Kota Gunungsitoli TA. 2018 hendaknya memperhatikan pelaksanaan program prioritas dan dapat menyesuaikan belanja langsung dan tidak langsung secara proporsional dalam rangka pencapaian program prioritas guna mengefisiensi anggaran.
  • Penyusunan anggaran di setiap program dan kegiatan di masing-masing Perangkat Daerah agar disesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan dan selalu mengedepankan kepentingan masyarakat.
  • Mendorong pemerintah untuk melakukan usaha-usaha konkrit dalam peningkatan PAD serta pembuatan regulasi terhadap beberapa retribusi.
  • Perangkat Daerah agar lebih proaktif dalam menggali dana yang bersumber dari pusat maupun provinsi.

Pemandangan Umum ini disampaikan di ruang rapat Paripurna DPRD Kota Gunungsitoli yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Gunungsitoli dan dihadiri oleh Walikota Gunungsitoli, Forkopimda, dan seluruh Fraksi DPRD Kota Gunungsitoli beserta Sekretaris Daerah dan Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini