Pemerintah Kota Gunungsitoli sebagai bagian dari Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) mengikuti kegiatan Rakernas APEKSI tahun 2018 yang berlangsung dari tanggal 24-26 Juli 2018. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua beserta rombongan di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara.

Pelaksanaan Rapat Kerja Nasional di Awali dengan Welcome Dinner yang dilaksanakan di Taman Berkampung Kota Tarakan yang di hadiri Walikota seluruh Indonesia dan kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Rapat Kerja Nasional Rabu (26/7).

Menteri Dalam Negeri yang di wakili Dirjen Otonomi Daerah DR. Sumarsono, MDM membuka secara resmi rapat kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ditandai dengan pemukulan gong.

Dalam sambutannya Sumarsono menekankan kerja sama daerah dalam mensejaheterakan rakyat. Hal ini merupakan sebuah mekanisme pemerintah daerah dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang lebih merata dan berkeadilan.

Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dalam pasal 363 sampai pasal 369, yang mengatur tentang Kerja Sama Daerah. “Kerjasama ini harus didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik.

Sejak berdiri pada tahun 2000, Apeksi telah mengambil peran yang besar dalam upaya membantu kota anggota. Kota-kota kini memiliki kesempatan untuk mengawali pembentukan Asosiasi di tingkat nasional yang benar-benar demokratis otonom. Organisasi Apeksi dari sejak dini dirancang untuk memenuhi kebutuhan yang benar-benar diperlukan kota-kota (anggota). Dalam rangka membantu maksud tersebut, bentuk organisasi dan gagasan mengenai peran dan lingkup kegiatan-kegiatan yang mungkin diemban Apeksi dapat pula disusun berdasarkan pengalaman Asosiasi Pemerintah Daerah yang sudah terbentuk dan terbukti sukses di tingkat internasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini