Kartu KUSUKA Untuk Pelayanan Dan Pembinaan Yang Lebih Efektif Kepada Nelayan Kota Gunungsitoli

0
175

“Kita tidak mau mengulang-ulang lagi tradisi-tradisi lama dimana perencanaan dan penganggaran banyak dan ada yang tidak sambung, tidak sinkron. Dan ini saya tekankan, hal seperti ini tidak boleh terjadi lagi. Dan perencanaan betul-betul terintegrasi, terkonsolidasi, terorganisasi, antar sektor, antar wilayah, antar pusat dan daerah, dan tidak ada lagi yang namanya ego sektoral.”

Ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada Rapat Terbatas kabinet tentang Rancangan Inpres Sinkronisasi Perencanaan Dan Penganggaran Pembangunan Nasional di Kantor Presiden.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia telah melakukan peluncuran Satu Data Kelautan dan Perikanan pada tanggal 30 Mei 2016. Satu Data KP adalah suatu program yang meliputi seluruh data kelautan dan perikanan yang dikumpulkan dari daerah-daerah di seluruh Indonesia kemudian akan dipakai untuk perumusan kebijakan Nasional, kebijakan pelaksanaan, kebijakan teknis, peraturan, perencanaan dan pengambilan keputusan. Data-data ini termasuk di dalamnya adalah data KUSUKA, Produksi, dan BP.

Kartu KUSUKA adalah singkatan Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan. Kartu ini digunakan sebagai identitas tunggal pelaku usaha kelautan dan perikanan.

Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli bersama dengan Bank BNI telah melakukan sosialisasi mengenai penggunaan Kartu KUSUKA kepada para nelayan, pelaku usaha, pembudi daya ikan, pemasaran perikanan dan penyedia jasa pengiriman produk kelautan dan perikanan di Kota Gunungsitoli pada bulan Juni 2018. Kartu yang berlaku dan dapat diperpanjang setiap 5 tahun ini akan dibagikan dan diharapkan menjadi database tunggal pelaku usaha kelautan dan perikanan yang dimanfaatkan kementerian untuk menentukan kebijakan terkait progres perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha kelautan dan perikanan hingga ke daerah-daerah.

Dari sosialisasi tersebut, diperkirakan sekitar 2000 nelayan, pelaku usaha, pembudi daya ikan, pemasaran perikanan dan penyedia jasa pengiriman produk kelautan dan perikanan di Kota Gunungsitoli akan menjadi penerima manfaat dari kartu tersebut secara langsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here