Gelar Acara “Promosi Gemar Makan Ikan”

Pemerintah Kota Gunungsitoli menggelar acara “Promosi Gemar Makan Ikan” yang melibatkan instansi pemerintah, yayasan atau perguruan tinggi dan sekolah-sekolah. Acara ini digelar di lapangan Kodim 0213 Nias. Kepala Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan promosi ‘Gemar Makan Ikan’ ini merupakan implementasi program nasional dalam rangka memanfaatkan dan memberdayakan potensi laut, sekaligus memeriahkan momen Hari Ikan Nasional dan Hari Perikanan Nusantara yang merupakan agenda tahunan yg dicanangkan oleh Kementerian Kelautan RI beberapa waktu lalu.

Kegiatan promosi ‘Gemar Makan Ikan’ ini diikuti oleh 1200 orang, yaitu dengan panggang ikan dan konsumsi ikan bersama sebanyak 500 kg (0,5 ton) ikan, sebagi wujud menumbuhkan minat gemar makan ikan dari kalangan anak/pelajar yang mana kegiatan ini diikuti oleh pelajar SD, SMP, SMA hingga mahasiswa.

Aliran Telaumbanua, Kepala Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli juga melaporkan bahwa Produksi ikan tahun 2017 di Kepulauan Nias khususnya Kota Gunungsitoli masih cenderung rendah disebabkan sarana dan prasarana yang belum memadai, juga dikarenakan cuaca buruk yang tidak memungkinkan nelayan melaut dan menjaring ikan, serta teknologi budidaya dalam pengolahan ikan yang masih belum mencukupi. Untuk itu, selama ini langkah yang telah ditempuh untuk mendorong produksi ikan diantaranya melalui program Kementerian Kelautan RI dengan pemberian asuransi perlindungan kepada nelayan sebanyak 1735 org, dengan jaminan 200 juta per org jika nelayan mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia, dan 20-100 juta per orang jika nelayan mengalami kecelakaan hingga cacat tetap. Selain itu juga diadakan pelatihan dan diberikan peralatan pengolahan hasil perikanan, viberglass untuk kelompok budidaya ikan, serta pemberian mesin jahit 10 unit untuk anggota keluarga nelayan yang memenuhi syarat untuk membantu perekonomian dan kesejahteraan keluarga nelayan.

Selain itu, Pimpinan DPRD Kota Gunungsitoli, Hadirat ST Gea, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihak DPRD senantiasa menyambut baik kegiatan seperti ini dan hendaknya promosi ‘Gemar Makan Ikan’ ini terus digalakkan, karena protein dalam kandungan ikan segar memberi gizi yang baik untuk anak/pelajar dan juga untuk semua kalangan. Selain itu juga Kepulauan Nias dikenal memiliki potensi produksi ikan yang cukup besar di Indonesia, untuk itu dimohon bantuan dan dukungan dari seluruh pihak untuk menjaga dan memelihara potensi laut kita agar dapat dimanfaatkan, diolah dan diberdayakan hingga di masa yang akan datang.

Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua dalam arahannya menyambut baik dan memberi apresiasi atas pelaksanaan promosi ‘Gemar Makan Ikan’ ini, dan beliau meminta hendaknya dibudayakan dan dipertahankan dan diupayakan akan menjadi agenda rutin pemerintah setiap tahunnya. Sebagaimana amanat Presiden RI, Joko Widodo bahwa potensi kepulauan Nias selain pariwisata adalah kelautan. Untuk itu dalam kesempatan ini beliau mengimbau seluruh hadirin agar meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan melestarikan keindahan pantai sehingga potensi laut dan ikan dapat dipelihara dalam pemanfaatannya. Beliau juga mengajak agar melanjutkan budaya gemar makan ikan kepada seluruh usia karena menambah protein dalam tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Dalam kesempatan ini Walikota didampingi Wakil Walikota dan Forkopimda menyerahkan bantuan berupa mesin jahit kepada beberapa keluarga nelayan, diantaranya ibu wirdan laoli, yusnidar gea, sabarnia hia, yarniwati hulu, mintaria harefa, zulfaidah gea. Selain itu juga diberikan Bibit ikan serta alat pengolahan hasil perikanan untuk beberapa kelompok nelayan, diantaranya Kelompok Serasi, Kelompok Samaeri, Kelompok Umbugaorita, Kelompok Karunia, Kelompok Hasara li, Kelompok Tumbu geu, Kelompok Bangkit, dan Kelompok Bersama.

Turut hadir Anggota DPRD Provsu, Ibu Lidiani Lase, Wakil Walikota Gunungsitoli, Sekda Kota Gunungsitoli, Unsur Forkopimda yaitu Wakil Ketua DPRD, Dandim 0213 Nias, mewakili Kapolres Nias, Kepala BNN Kota Gunungsitoli, Kepala PN Kota Gunungsitoli, para Asisten Setda Kota Gunungsitoli, Kepala-Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Ketua TP. PKK Kota Gunungsitoli, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Rektor IKIP Gunungsitoli, mewakili Ketua STIE Pembnas Nias, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidikan, mewakili Pemuda Pancasila Kota Gunungsitoli, para Kepala Sekolah, beserta segenap undangan lainnya.

Comments are closed.