Gunungsitoli, Rabu (11/9) Salah satu agenda besar SAIL Nias 2019 di Kota Gunungsitoli digelar pada hari ini yaitu Festival Kopi Nusantara yang dirangkai dengan Festival Kreativitas Seni Budaya Nias di Kota Gunungsitoli yang dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Dirjen PDT Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Samsul Widodo beserta rombongan, di Taman Yaahowu Kota Gunungsitoli.

Festival Kopi Nusantara dan Festival Kreativitas Seni Budaya Nias di Kota Gunungsitoli yang mengangkat Tema “Ta ehao Gunungsitoli” menghadirkan berbagai Kreatifitas Kopi dari penjuru Nusantara dan seni penyajiannya yang dipusatkan di arena Pusat Jajanan Malam Kota Gunungsitoli. Sedangkan Festival Kreativitas Seni Budaya Nias di Kota Gunungsitoli yang diisi dengan Lomba Maena yang diikuti oleh 18 grup mencakup pelajar dan instansi se-Kota Gunungsitoli dipusatkan di arena Taman Yaahowu Kota Gunungsitoli.

Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang secara resmi mewakili Pemerintah dan masyarakat Kota Gunungsitoli dan Kepulauan Nias pada umumnya kepada Dirjen PDT Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Samsul Widodo dan seluruh rombongan yang telah berkenan datang dan hadir dalam Festival Kopi Nusantara dan Kreativitas Seni Budaya Nias di Kota Gunungsitoli sebagai rangkaian pelaksanaan Sail Nias 2019 yang puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 14 September mendatang di Kabupaten Nias Selatan. Beliau menyampaikan bahwa Kota Gunungsitoli memiliki potensi kekayaan kuliner yang beraneka ragam, termasuk kopi yang khas dan berbeda dari daerah lainnya. Beliau menilai bahwa pengembangan potensi kopi nusantara dan menampilkan atraksi budaya merupakan upaya mempromosikan kekayaan budaya dan kepariwisataan Kepulauan Nias kepada dunia lokal maupun internasional.

Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua saat menyampaikan sambutan pada Pembukaan Festival Kopi Nusantara sebagai rangkaian dari event Sail Nias 2019 di Taman Yaahowu Kota Gunungsitoli

Dalam kesempatan ini Walikota menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya atas dukungan penuh dan telah memfasilitasi penyelenggaraan Festival Kopi Nusantara ini dengan begitu besar, yang mana diisi dengan atraksi band, layar tancap yang disediakan untuk nonton bareng masyarakat/pengunjung, game/ permainan interaktif, talkshow dan rangkaian acara lainnya. Demikian pula dengan seluruh pihak yang telah bersinergi dan ikut serta berpartisipasi dalam menyukseskan Festival Kopi Nusantara di Kota Gunungsitoli ini, semoga kerjasama yang penuh rasa kekompakan dan kekeluargaan ini terus berkelanjutan hingga di masa yang akan datang demi memajukan Kepulauan Nias yang amat kita cintai ini.

Dirjen PDT Kemendes PDTT RI, Samsul Widodo membuka secara resmi Festival Kopi Nusantara Kota Gunungsitoli

Sementara itu, Dirjen PDT Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Samsul Widodo yang membuka Festival ini dalam arahannya menyampaikan ungkapan terimakasih atas antusiasme dari Pemerintah Kota Gunungsitoli dan Kepala Daerah lainnya beserta segenap Unsur Forkopimda dan seluruh masyarakat di Kota Gunungsitoli atas perhelatan akbar Festival Kopi Nusantara ini. Beliau berharap agar moment ini dapat menjadi wadah pemersatu seluruh anak bangsa dalam rangka memajukan daerah Kepulauan Nias dan NKRI pada umumnya. Beliau memaparkan bahwa dalam Festival Kopi Nusantara yang diikuti oleh perwakilan daerah se-Indonesia akan menampilkan berbagai varian Kopi beserta teknik penyajiannya, mengingat bahwa meningkatkan produk kopi sebagai salah satu kuliner di Kota Gunungsitoli dipandang perlu untuk menambah khazanah dan edukasi cara mengolah kopi yang baik sehingga memiliki nilai lebih dari cita, rasa hingga penyajiannya sehingga punya daya tarik tersendiri dan ini telah menjadi trend masa kini yang digemari tidak hanya kawula muda akan tetapi seluruh golongan. Hal ini merupakan upaya-upaya memaksimalkan Kota Gunungsitoli dan Kepulauan Nias pada umumnya sebagai salah satu daerah wisata yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri untuk dipromosikan menjadi destinasi wisata baik lokal maupun internasional yang diharapkan dapat memberikan efek positif bagi masyarakat, khususnya percepatan pertumbuhan perekonomian masyarakat, pelaku usaha/pedagan, pemilik usaha jasa/akomodasi/perhotelan dan perkembangan wisata alam, wisata kuliner dan wisata budaya di Kepulauan Nias.

Usai pembukaan secara resmi dan pemberian cenderamata, Walikota Gunungsitoli mengajak Dirjen PDT Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI untuk berkenan meninjau lokasi pelaksanaan Festival dan sejenak menikmati sajian Kopi dan atraksi beserta seluruh Unsur Forkopimda dan rombongan dari Kementerian.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Nias Utara, segenap Unsur Forkopimda Kota Gunungsitoli, Asisten Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Pimpinan Instansi Vertikal/BUMN/BUMD se-Kota Gunungsitoli beserta segenap undangan lainnya.

***

Ayo follow, subscribe, like, share dan update informasi tentang Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui akun media sosial:
???? FB : Humas Pemko
???? IG : @humas_pemko_gunungsitoli
???? YT : Humas Pemko Gunungsitoli

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini