Gunungsitoli (30/8/2024), Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si menghadiri pelaksanaan Simulasi Pengamanan Kota (Sispam Kota) Dalam Rangka Operasi Mantap Praja Toba 2024 Jelang Pelaksanaan Pilkada Tahun 2024 oleh Kepolisian Resort Nias yang dilaksanakan di Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli, Jumat (30/8/2024).

Simulasi ini merupakan bagian dari kesiapan pengamanan pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 di wilayah Hukum Polres Nias dengan melibatkan berbagai unsur Forkopimda, tokoh masyarakat, KPU, Bawaslu dan instansi terkait dengan tujuan untuk menekankan pentingnya sinergitas antara semua pihak dalam menjaga terselenggaranya Pilkada khususnya di wilayah Hukum Polres Nias.

Dalam simulasi ini, terdapat tiga kategori situasi yang dipersiapkan, yaitu situasi hijau, kuning, dan merah, yang masing-masing menggambarkan tingkat potensi ancaman yang berbeda, selain itu mencakup berbagai aspek pengamanan mulai dari pengamanan lalu lintas, logistik pemilu, hingga kesiapan personel menghadapi kemungkinan potensi gangguan keamanan. Pada simulasi ini juga, setiap tahapan dalam proses Pilkada mulai dari persiapan hingga deklarasi damai pasca pleno, disimulasikan dengan cermat untuk memastikan setiap komponen yang terlibat dapat hadir dan siap menghadapi berbagai kemungkinan yang ada.

Kapolres Nias, AKBP Revi Nurvelani SH,S.IK,MH menyatakan simulasi ini dapat menambah kolaborasi dan sinergitas dalam penanganan Pilkada kedepan serta dapat meningkatkan kerja sama yang solid antara semua pihak untuk menjamin terselenggaranya Pilkada yang aman dan lancar di wilayah Hukum Polres Nias.

Lebih lanjut Kapolres Nias menyampaikan bahwa “Simulasi ini menjadi langkah penting dalam upaya Polres Nias memastikan kesiapan penuh dalam pengamanan Pilkada serentak Tahun 2024. Dengan latihan yang terstruktur dan koordinasi yang kuat, Polres Nias bersama seluruh elemen terkait berkomitmen untuk menjaga keamanan dan keberhasilan pelaksanaan Pilkada di wilayah Hukum Polres Nias,” ucapnya.

Ia mengapresiasi seluruh personel yang terlibat dalam simulasi ini dan menegaskan bahwa kegiatan ini menjadi momentum penting untuk memastikan bahwa segala sesuatunya terkait Pilkada di wilayah Hukum Polres Nias dapat berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si dalam pernyataannya mengapresiasi penyelenggaraan simulasi ini. “Sebagai Pimpinan Pemerintahan di Kota Gunungsitoli menyambut baik langkah yang sudah dilakukan oleh Polres Nias dalam simulasi pengamanan Pilkada Tahun 2024 ini, saya sudah menyaksikan langsung dan kita sangat berterimakasih karena Polres Nias dalam mensukseskan pilkada ini benar-benar sudah siap,” tutur Wali Kota Gunungsitoli.

Lebih Lanjut Wali Kota Gunungsitoli menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Gunungsitoli siap memberikan dukungan kepada Polres Nias untuk terus mempersiapkan dan mengawasi setiap tahapan Pilkada Tahun 2024 khususnya di Kota Gunungsitoli.

Turut Hadir mewakili Bupati Nias, mewakili Bupati Nias Utara, mewakili Bupati Nias Barat, Wakil Ketua DPRD Kota Gunungsitoli, Kajari Nias, mewakili Dandim 0213 Nias, mewakili Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, mewakili Kasatpol PP, Dinas Perhubungan, mewakili Kaban Kesbangpol, Ketua dan Anggota KPU, Ketua dan Anggota Bawaslu di Wilayah Hukum Polres Nias.

(Press Release No.202/PR-Diskominfo/2024 tanggal 30 Agustus 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini