Gunungsitoli (25/07/2024) Sebagai bentuk keseriusan dalam menyukseskan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, Bunda PAUD Kota Gunungsitoli Ny. Veny Sowa’a Laoli didampingi Ketua Pokja PAUD Kota Gunungsitoli Ny. Sertini Arham Dusky Hia mengunjungi serta meninjau secara langsung bagaimana keadaan sekolah, peserta didik bersama seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di UPTD SDN 070999 Tarakhaini, Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa, Kamis (25/07/2024).

Kunjungan Bunda PAUD ke UPTD SDN 070999 Tarakhaini adalah dalam rangka menjalankan program untuk menyediakan sistem pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak PAUD, TK, SD kelas 1 dan 2.

“Tahun lalu, gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan telah disosialisasikan, dan tahun ini 2024, Bunda PAUD beserta rombongan langsung meninjau dan memastikan bahwa proses penerimaan siswa baru tidak melibatkan tes calistung (baca tulis dan hitung), sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan” ujarnya.

Dalam kunjungannya, Bunda PAUD juga menyampaikan bahwa gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan terdapat 3 (tiga) target perubahan yaitu meniadakan tes calistung (baca tulis dan hitung) saat penerimaan siswa baru, menerapkan masa pengenalan lingkungan sekolah selama 2 (dua) minggu dan menerapkan metode pembelajaran yang membangun 6 (enam) fondasi kemampuan anak.

“Kepada orang tua, kami berharap untuk tidak khawatir, bila masih ada anaknya yang belum bisa membaca, berhitung, di sekolah nantinya akan diajarkan dengan metode pengenalan dan pembelajaran yang membangun. Kita berharap ada kerja sama dari orang tua, mari kita sukseskan bagaimana agar anak-anak didik kita senang ke sekolah, mau ke sekolah dan bahagia di sekolah. Jangan sampai ada anak yang tidak mau ke sekolah hanya karena tertekan karena tugas dan sebagainya,” pesannya.

Di akhir arahannya, Bunda PAUD berharap kepada bapak/ibu guru untuk tetap meningkatkan kualitas pendidik agar mutu pendidikan di UPTD SDN 070999 Tarakhaini semakin meningkat sehingga anak-anak didik mampu dan siap bersekolah, siap berkembang dan siap berperan di masa depannya.

Sebelumnya, Kepala Sekolah UPTD SDN 070999 Tarakhaini Jhoni Kharisma Zebua, S.Ag dalam laporannya menyampaikan bahwa di sekolah UPTD SDN 070999 Tarakhaini memiliki tenaga pendidik dan kependidikan sebanyak 12 orang, terdiri dari 5 (lima) orang PNS, 3 (tiga) orang PPPK, 3 (tiga) orang GTT dan 1 (satu) orang tenaga administrasi dan seluruhnya sudah berstatus sarjana pendidikan.

Dilaporkannya, bahwa siswa di Sekolah UPTD SDN 070999 Tarakhaini terhitung pada bulan Juli 2024 adalah berjumlah 85 orang, khusus siswa kelas 1 pada tahun ini berjumlah 13 orang. Selain itu, pada awal tahun ajaran 2024, juga telah dilaksanakan pembukaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi seluruh siswa mulai dari kelas 1 s.d kelas 6.

“Khusus MPLS kelas 1 ada banyak yang telah dipersiapkan dengan tujuan supaya peserta didik kelas 1 memiliki modal yang cukup untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya yang berbeda dengan lingkungan pendidikan yang sebelumnya di tingkat PAUD. Pada masa MPLS, kami juga melakukan beberapa program yang membuat anak merasa nyaman dengan tujuan untuk memperhatikan atau membangun kemampuan fondasi dasar dari anak di antaranya pengenalan lingkungan kelas, perpustakaan, toilet dan halaman sekolah, pengenalan diri kepada teman-temannya dan bapak/ibu guru, juga pengenalan karakter yang ditumbuhkembangkan disekolah,” singkatnya.

Pada kesempatan tersebut, Bunda PAUD Kota Gunungsitoli memberikan bantuan berupa alat permainan edukatif kepada KB Tarakhaini Bersinar dan KB Penabur. Kehadiran Bunda PAUD juga disambut dengan penuh sukacita oleh anak-anak khususnya kelas 1 s.d kelas 6, dengan berinteraksi dan berdiskusi kepada para murid untuk memberikan semangat belajar di tahun ajaran baru. Hadir mendampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli Drs. Arham Dusky Hia, Sekretaris Dinas Pendidikan Mei Ingatan Laoli, S.E.,M.M, Orang tua siswa, Pengawas Sekolah, Seluruh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, serta tim dari Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli.

(Press Release No.170/PR-Diskominfo/2024 tanggal 25 Juli 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini