Gunungsitoli, (22/07/2024) Bunda PAUD Kota Gunungsitoli Ny.Veny Sowa’a Laoli melaksanakan Peninjauan Penerapan Masa Pengenalan Sekolah (MPLS) sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di UPTD SD Negeri 070986 Ononamolo I Lot Kecamatan Gunungsitoli selatan, Senin (22/07/2024)

Mengawali arahannya, Bunda PAUD Kota Gunungsitoli mengajak semua hadirin senantiasa memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas penyertaanNya sehingga dapat berkumpul di sekolah yang sangat asri dan indah ini. “Periode penting tumbuh kembang anak berada di masa anak usia dini. Disinilah momen membangun fondasi pengetahuan, keterampilan serta karakter yang dibutuhkan sebagai bekal kehidupan. Rentang anak usia dini adalah 0-8 tahun, sehingga proses tersebut harus berkesinambungan sejak usia PAUD hingga SD kelas awal karena akan sangat mempengaruhi keberhasilan, kesejahteraan, keterlibatan dan sikap positip terhadap belajar yang dibangun sejak PAUD,” Jelas Bunda PAUD

Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan juga bertujuan memastikan bahwa anak-anak usia dini yang tidak berkesempatan mengikuti Pendidikan anak usia dini dapat memiliki hak yang sama untuk dibina dan memndapatkan kemampuan fondasio atau kemampuan dasar secara menyeluruh. Dengan demikian anak memiliki keterampilan, kemampuan dan kematangan yang holistik.

Pada tahun ajaran baru ini terdapat visi yang ingin dicapai oleh Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan yakni: Proses belajar di PAUD dan SD kelas awal yang berkesinambungan dan efektif dalam membangun kemampuan fondasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, terdapat tiga target perubahan yang perlu dimiliki bersama, yaitu pertama Satuan Pendidikan perlu menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru di SD, kedua menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama 2 (dua) minggu pertama, ketiga menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak. 6 (enam) kemampuan fondasi anak itu yakni; mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan sekolah, kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan.

Orang tua siswa yang saya banggakan, “Mari Bersama-sama mensukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, kita berharap Gerakan ini dapat terus berlanjut sehingga tercipta sebuah kenangan indah di memori anak-anak generasi Kota Gunungsitoli yang kita cintai ini. Terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan baik dari seluruh Bapak/Ibu guru, orang tua dan terlebih-lebih anak-anak yang telah menampilkan berbagai atraksi yang sangat indah. Terlihat bahwa Bapak/ibu guru sangat kreatif dan peduli. Minat, bakat anak-anak terus dibina sehingga mereka memiliki performance yang baik dan ini menjadi bekal mereka ketika nantinya akan melanjutkan pendidikan,” tutur Bunda PAUD mengakhiri.

Kepala Sekolah Ibu Desnilam Harefa, dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan Bunda PAUD Kota Gunungsitoli dan rombongan, “ini sebuah kehormatan dan kebanggaan buat kami,”ungkap Desnilam penuh semangat.

Melalui laporannya, kepala sekolah menyampaikan beberapa hal sebagai berikut;

1.UPTD SDN 070986 Ononamolo I Lot adalah salah satu Sekolah Dasar dari 15 SD di kecamatan Gunungsitoli selatan. Terletak di desa Ononamolo I Lot kecamatan Gunugsitoli selatan dengan jumlah siswa sebanyak 225 orang, laki laki 112 orang dan perempuan 113 orng yang dibagi dalam 12 rombongan belajar. Jumlah guru dan tenaga tenaga kependidikan 24 orang terdiri dari 5 orang laki laki dan 19 orang perempuan, PNS berjumlah 11 orang, P3k berjumlah 6 orang dan PTT/GTT berjumlah 7 orang

2.Pada Tahun Pelajaran 2024/ 2025 ini, peserta didik baru yang diterima berjumlah 32 orang melalui jalur zonasi yaitu desa Ononamolo dan desa Luaha Laraga,terdiri dari 16 orang laki laki dan 16 orang perempuan.

3. Pada awal tahun Pelajaran 2024/ 2025 tanggal 8 Juli 2024 telah kami laksanakan pembukaan kegiatan MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Pelaksanaannya, untuk kls 2 s.d 6 hanya selama 3 hari dan untuk kelas 1 berlangsung selama 2 minggu, dan ditutup pada hari sabtu yang lalu tgl 20 Juli 2024

4. Khususnya MPLS dikelas 1 , ada banyak hal yg dipersiapkan oleh bapak ibu guru agar peserta didik bisa memiliki modal untuk menghadapi situasi barunya, karena ini adalah masa transisi bagi anak anak dari PAUD/TK ke SD, yang tentunya anak anak merasa asing dengan situasi barunya, baik lingkungan sekolah, teman barunya, guru barunya.

5.Pada masa MPLS kami melakukan beberapa program yang membuat anak anak merasa nyaman dan senang dengan dengan memperhatikan 6 kemampuan fondasi anak dengan berbagai kegiatan antara lain : Pengenalan sekolah dan lingkungan sekitar, Pengenalan diri dan teman baru, Pembelajaran dasar, Pembentukan karakter

Perwakilan orang tua dalam hal ini komite sekolah, Bapak Enueri Zebua dan Perwakilan Aparat Desa setempat Bapak Juniaman waruwu (sekretaris desa) dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Bunda PAUD Kota Gunungsitoli serta menitipkan pesan agar UPTD SDN 070986 Ononamolo I Lot Kecamatan Gunungsitoli Selatan tetap mendapat perhatian dari pemerintah Kota Gunungsitoli.

Turut hadir Ibu Ketua Pokja PAUD Kota Gunungsitoli, Pdt. Iman Jaya Telaumbanua, S.Th (pendoa), Orang tua siswa, Pengawas Sekolah, Seluruh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, serta tim dari Dinas Pendidikan Kota

(Press Release No.166/PR-Diskominfo/2024 tanggal 23 Juli 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini