Gunungsitoli (20/07/2024) Pekan Kebudayaan Daerah yang telah berlangsung dari hari Jumat kemarin resmi berakhir. Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, S.E., M.Si resmi menutup Pekan Kebudayaan Daerah Kota Gunungsitoli dalam bentuk Festival dan Lomba Maena Serta Atraksi Budaya Lainnya, bertempat di Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli, Sabtu (20/07/2024).

Mengawali arahannya, Wali Kota mengucapkan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Daerah sehingga dapat berjalan dengan baik.

“Tentu ini merupakan hasil kerja cerdas yang solid dari panitia secara keseluruhan, terutama kepada bapak/ibu juri yang telah memberikan penilaian dengan profesional hingga tercipta kondisi persaingan ketat namun sehat,” ujarnya.

“Yang namanya perlombaan pasti ada menang dan ada kalah, tapi kami yakin dan percaya bahwa bapak/ibu serta adik-adik yang mengikuti lomba dapat menerima segala keputusan dewan juri dengan lapang dada. Kami ucapkan selamat bagi para pemenang, jangan terlena dan cepat berpuas diri atas pencapaian hari ini. Terus tingkatkan kemampuan dan kreatifitas dalam dunia seni tari. Bagi yang belum beruntung, kami berpesan jangan putus asa, ini bukan akhir, terus berlatih dan perbanyak latihan serta evaluasi demi mendapatkan hasil yang sempurna,” sambung Wali Kota.

Di kesempatan itu, Wali Kota juga berharap agar Pekan Kebudayaan Daerah dapat memotivasi para seniman, budayawan, pemerhati dan organisasi-organisasi kebudayaan untuk terus mengembangkan kreasi dan inovasi sekaligus mengaktualisasikan diri melalui aktifitas dan prestasi seni. Selain itu, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pembinaan dan pelestarian budaya daerah.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan budaya sebagai marwah dari setiap perilaku kehidupan. Pekan Kebudayaan Daerah ini bukan hanya menjadi sebuah seremonial belaka namun kita jadikan sebagai salah satu poin penting dalam perjuangan membawa Kota Gunungsitoli sebagai kota yang aman, nyaman dan sejahtera bagi semua orang,” harap Wali Kota sekaligus mengakhiri arahannya.

Untuk pemenang Kategori Pelajar tingkat SMA sederajat dan Mahasiswa antara lain :

•             Juara I SMA Negeri 1 Gunungsitoli

•             Juara II SMA Negeri 3 Gunungsitoli

•             Juara III Perguruan Tinggi STP Dian Mandala

•             Juara IV SMA Negeri Unggulan Sukma Nias

•             Juara Favorit Universitas Nias Prodi Sumber Daya Akuatik

Sementara, untuk pemenang Kategori Umum (Kecamatan) antara lain :

•             Juara I Kecamatan Gunungsitoli

•             Juara II Kecamatan Gunungsitoli Selatan

•             Juara III Kecamatan Gunungsitoli Idanoi

•             Juara IV Kecamatan Gunungsitoli Barat

Kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah diisi dengan atraksi dari komunitas sanggar, stand UMKM dari Dinas Perindustrian dan Koperasi Usaha Kecil Menengah Kota Gunungsitoli dan diakhiri dengan maena bersama. Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Drs. Oimonaha Waruwu, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemko Gunungsitoli, Ketua TP-PKK Kota Gunungsitoli, Sekretaris Camat Gunungsitoli, Pimpinan Lembaga Budaya Nias, Tokoh Masyarakat, Tokoh Budaya dan Tokoh Adat serta hadirin lainnya.

(Press Release No.164/PR-Diskominfo/2024 tanggal 20 Juli 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini