Gunungsitoli, (18/07/2024) Bunda PAUD Kota Gunungsitoli Ny.Veny Sowa’a Laoli menyatakan dukungannya terhadap program Pemerintah Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan dengan melaksanakan Kunjungan ke SD Negeri 070980 Moawo Kecamatan Gunungsitoli, Kamis (18/07/2024)

Mengawali arahannya, Bunda PAUD Kota Gunungsitoli menyampaikan terima kasih atas sambutan yang hangat dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, orang tua, dan terlebih-lebih dari anak-anak sekolah SD Negeri 070980 Moawo. Bunda PAUD juga mengajak semua mengucap Syukur atas Penyertaan Tuhan sehingga pada kesempatan ini dapat berkumpul melaksanakan sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat buat semua.

Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan adalah proses dimana anak berpindah dari perannya sebagai peserta didik PAUD, menjadi peserta didik SD secara menyenangkan. Gerakan ini akan terwujud ketika terdapat upaya yang dilakukan secara bersama-sama dalam memastikan pemenuhan hak 6 (enam) kemampuan fondasi anak usia dini, dari manapun titik berangkat mereka. 6 (enam) kemampuan fondasi anak itu yakni; mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan sekolah, kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan.

Bapak/Ibu orang tua siswa, “sekolah adalah rumah kedua bagi anak, dukungan dan kerja sama tentu sangat diharapkan. Orangtua tidak perlu cemas anak-anaknya belajar di sekolah, terlebih dimasa transisi PAUD ke SD, sebab pemerintah secara nasional telah mencanangkan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan”. Demikian juga kepada guru diharapkan agar pembelajaran untuk anak-anak tidak boleh dipaksakan, prosesnya disesuaikan mengingat anak-anak memasuki masa transisi dari PAUD ke SD. Anak-anak akan dikenalkan dengan proses belajar yang menyenangkan sehingga tercipta rasa nyaman dan semangat dalam belajar. “saya yakin dan percaya bahwa seluruh tenaga pendidik di SD Negeri 070980 Moawo telah mengikuti pelatihan dan sudah terampil dalam menerapkan metode Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.

Mengakhiri arahannya Bunda PAUD berpesan agar semua dapat bekerja sama mensukseskan program pemerintah Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan demi terwujudnya anak-anak yang cerdas generasi penerus kota Gunungsitoli.

Dalam laporannya, ibu kepala sekolah Syukur Niat Hartamina Telaumbanua, S.Pd.SD menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Bunda PAUD kota Gunungsitoli dan rombongan, “ini sebuah kehormatan dan kebanggaan buat keluarga besar SD Negeri 070980 Moawo.”tuturnya.

Ditambahkannya bahwa jumlah siswa baru sebanyak 54 (lima puluh empat) orang terdiri dari 27 (dua puluh tujuh) laki-laki dan 27 (dua puluh tujuh) perempuan dengan daya tampung 3 (tiga) rombel. Secara keseluruh jumlah peserta didik pada TP.2024/2025 sebanyak 446 (empat ratus empat puluh enam) orang terdiri dari 229 (dua ratus dua puluh sembilan) orang laki-laki dan 217 (dua ratus tujuh belas) orang perempuan. Tenaga pendidik dan kependidikan berjumlah 34 (tiga puluh empat) orang.

Perwakilan orang tua dalam hal ini komite sekolah Bapak A.Yarni Harefa (Wakil Ketua Komite) dan Pj.Kepala Desa Moawo Muhammad Rifki Polem dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Bunda PAUD Kota Gunungsitoli serta menitipkan pesan agar SD Negeri 070980 Moawo tetap mendapat perhatian dari pemerintah Kota Gunungsitoli.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli, Ibu Ketua DWP Kota Gunungsitoli, Aparat Desa Moawo, Komite Sekolah, Orang tua siswa, Tim dari Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli.

(Press Release No.159/PR-Diskominfo/2024 tanggal 18 Juli 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini