Gunungsitoli (18/5/2024), Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kecamatan Gunungsitoli Utara Kota Gunungsitoli melaksanakan Rapat Koordinasi dan Rembuk Stunting, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P5A) Kota Gunungsitoli Yusmar Ziliwu, SKM selaku Koordinator Bidang Perubahan Perilaku dan Pendampingan Keluarga TPPS Kota Gunungsitoli, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Gunungsitoli Utara, Kamis (16/5/2024).

Koordinator Bidang Perubahan Perilaku dan Pendampingan Keluarga TPPS Kota Gunungsitoli Yusmar Ziliwu, SKM dalam arahannya menyampaikan penanganan stunting ini melibatkan banyak stakeholder. Untuk itu stunting ini perlu segera kita tangani, karena terkait SDM dan kesejahteraan generasi penerus harapan bangsa.

Camat Gunungsitoli Utara Torotodo Zega, S.E. selaku Ketua TPPS Kecamatan Gunungsitoli Utara dalam laporannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada desa-desa se-Kecamatan Gunungsitoli Utara yang sudah melaksanakan rembuk stunting tahun 2024, dan berharap kegiatan hari ini dapat melahirkan kesepakatan dan komitmen terkait dengan intervensi stunting di setiap desa, agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan normal.

Kepala UPTD Puskesmas Gunungsitoli Utara Ertitawati Siregar, SST, M.Tr.Keb dalam paparannya menjelaskan bahwa stunting adalah gagal tumbuh karena kurangnya nutrisi calon ibu di masa lampau. “Pencegahan stunting ini ibarat aliran sungai, harus diawali dari hulu kemudian ke hilir, sehingga kesadaran pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi calon ibu dan setiap kehamilan harus direncanakan. Hal ini sangatlah penting, lebih baik mencegah daripada mengobati,” paparnya.

Sambungnya, Adapun upaya-upaya pencegahan dan penurunan stunting di Kecamatan Gunungsitoli Utara, antara lain: Pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri, Pelayanan kesehatan dan edukasi kesehatan reproduksi pada calon pengantin, Membentuk kelas untuk Ibu Hamil, Membentuk kelas untuk Ibu Balita, Pemeriksaan kehamilan secara rutin dan lengkap disertai dengan alat ultrasonografi (USG) di Puskesmas secara rutin dan gratis, Pelayanan persalinan di Puskesmas, difasilitasi gratis jemput antar via mobil ambulans, Pendampingan Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif, Pengukuran berat badan dan tinggi badan secara rutin setiap bulan, dan upaya-upaya lainnya.

Rembuk Stunting diakhiri dengan penandatanganan Pernyataan Komitmen Pelaksanaan Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi Kecamatan Gunungsitoli Utara, diakhiri dengan sesi foto bersama. Hadir, Forkopimca Gunungsitoli Utara, Bappelitbang Kota Gunungsitoli (mewakili), para Kepala Desa se-Kecamatan, Ketua TP. PKK Kecamatan Gunungsitoli Utara, Pimpinan Gereja di Kecamatan, Sekretariat TPPS Kota Gunungsitoli, PKB/ PLKB Kecamatan Gunungsitoli Utara, Satgas Stunting, dan hadirin lainnya.

(Press Release No. 093/ PR-Diskominfo/2024 tanggal 18 Mei 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini