Gunungsitoli (18/5/2024), Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa Kota Gunungsitoli melaksanakan Rapat Koordinasi dan Rembuk Stunting, dibuka secara resmi oleh Pj. Sekretaris Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa Ismael Saleh Zendrato, S.Th bertempat di Aula Kantor Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa, Rabu (15/5/2024).

Pj. Sekretaris Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa dalam arahannya menyampaikan bahwa penanganan stunting merupakan salah satu prioritas selain Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan ketahanan pangan. “Melalui rapat koordinasi ini, kami berharap bahwa semua stakeholder terkait mempunyai komitmen bersama untuk penurunan stunting khususnya di Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa dan rencana kegiatan intervensi gizi terintegrasi penurunan stunting yang telah disepakati oleh lintas sektor untuk dimuat dalam RKPD/ Renja tahun berikutnya,” harapnya.

Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa dr. Dian P. Putra Zendrato memaparkan materi pembahasan diskusi, berupa: Menurunkan prevelensi stunting, Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan keluarga, Menjamin pemenuhan asupan gizi, Memperbaiki pola asuh, Meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan, dan Meningkatkan akses air minum dan sanitasi.

“Kami dari UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa telah melakukan beberapa kegiatan terkait penurunan stunting ini, salah satunya tetap aktif memberikan tablet tambah darah untuk seluruh remaja putri tingkat SMP dan SMA sederajat, bulan Mei 2024 ini kami melaksanakan skrining pemeriksaan Hemoglobin (Hb) khususnya untuk remaja putri, Memberikan pelayanan konseling tentang kesehatan dan reproduksi kepada perempuan calon pengantin agar memiliki wawasan ke depan mempersiapkan diri sebagai calon Ibu untuk melahirkan generasi-generasi yang unggul,” paparnya.

Rapat Koordinasi berjalan dengan baik walaupun PLN sedang pemadaman tetapi para peserta tetap antusias mengikuti rapat koordinasi sampai selesai, diakhiri dengan penandatanganan Pernyataan Komitmen Pelaksanaan Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi di Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa. Hadir, Forkopimca Gunungsitoli Alo’oa, Bappelitbang Kota Gunungsitoli (mewakili), Dinas P5A Kota Gunungsitoli (mewakili), Diskominfo Kota Gunungsitoli (mewakili), para Kepala Desa se-Kecamatan, Unsur TP. PKK Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa, Pimpinan Gereja di Kecamatan, Sekretariat TPPS Kota Gunungsitoli, Tenaga Ahli Pemberdayaan Kota Gunungsitoli (TAPM), PKB/ PLKB Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa, Satgas Stunting, dan hadirin lainnya.

(Press Release No. 091/ PR-Diskominfo/2024 tanggal 18 Mei 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini