Walikota Gunungsitoli menghadiri acara Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M di Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli.

Mewakili Tokoh Agama, Pdt. Afolo Daeli dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M,  kegiatan ini merupakan momentum mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dan memberi dampak besar dalam ketaqwaan dan pengamalan nilai-nilai keagamaan. Untuk itu negara dan masyarakat bertanggungjawab menanamkan nilai keagamaan untuk merekatkan persaudaraan dan persatuan, mengakui dan menghargai keyakinan ummat lain, mendukung kegiatan sesama ummat dan menikmati kesyahduan dalam kebersamaan dalam rangka menyambung silaturahmi, kerukunan dan kekeluargaan. Beliau berharap agar Pemerintah hendaknya terus menjalankan program pembangunan dan kemasyarakatan, demikian juga halnya dengan Polres Nias dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban umat, dan masyarakat juga berperan aktif untuk mendukungnya dan menjaga kebersamaan dan kekeluargaan di Kepulauan Nias ini.

Ketua MUI Kota Gunungsitoli, H. Abdul Hadi, SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka mengimani dan memperingati Hari Kelahiran Rasulullah SAW ini hendaknya kita mencontoh sikap pemimpin bangda ideal humanis dan tidak membedakan, harus dipahami dari berbagai perspektif dari berbagai. Nabi Muhammad SAW datang ke dunia bertugas memperbaiki akhlaqul karimah, sopan santun kepada Allah, Rasulullah, Agama yang dipeluk masing-masing, orangtua, masyarakat, ibu pertiwi dan sesama makhluk. Beliau berharap momen ini membawa berkah, kedamaian dan manfaat kepada kita semua, yaitu Menambah kecintaan terhadap Allah SWT.

Mewakili Ketua Kementerian Agama Kota Gunungsitoli menyambut baik dan mendukung terlaksananya kegiatan ini sembari berharap semoga kegiatan ini selalu berkesinambungan dalam memperingati hari-hari besar kedepan.

Walikota Gunungsitoli dalam sambutannya menyampaikan bahwa beliau menyambut baik dan berbangga dalam pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka mempererat silaturrahim dan komunikasi  tetap terjaga, berbagi ilmu dalam kebaikan dan kebenaran serta berkerjasama menciptakan keamanan, ketertiban, keamanan, kedamaian dan kenyamanan. Momen ini hendaknya memberi motivasi bagi kita dalam kehidupan sehari-hari untuk mengisi dan mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sebagimana Tema yang diangkat dalam kegiatan ini yaitu “Dengan Semangat Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H / 2018 mari tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Guna Memelihara Situasi Kondusif di Wilayah Hukum Polres Nias” yang didalamnya terkandung berjuta makna dan hikmad yang hendaknya diresapi seluruh masyarakat di Kota Gunungsitoli dan wilayah hukum Polres Nias, juga mengandung kebaikan, revolusi mental dan ajaran agama sebagai landasan hidup, memperbaiki pola pikir, sikap, tingkah laku, etos kerja dalam melayani masyarakat, dan pembangunan mental masyarakat yang berkepribadian baik dan budi pekerti luhur. Beliau berharap agar seluruh warga Kota Gunungsitoli hendaknya menjadi tauladan dan contoh yang baik menjaga keharmonisan dan juga menjaga kenyamanan, memelihara keindahan Kota, termasuk ikon yang telah ada di Kota Gunungsitoli, hendaknya kita jaga bersama-sama.

Kapolres Nias dalam sambutannya menyampaikan bahwa momentum ini hendaknya menjadi ajang intropeksi diri dalam mengenal sosok dan kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai tauladan bagi kita untuk memperbaiki moral dan akhlak manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Beberapa kondisi yang dialami ummat dewasa ini, lemahnya keimanan untuk mengatasi hal tersebut hendaknya kita mencontoh sifat Rasulullah yaitu Shiddiq  (Berintegritas baik), Amanah (terpercaya), fathonah dan tabligh (terbuka) sehingga bersama-sama dapat menciptakan dan membawa NKRI menjadi negara yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur. Saat ini Polres Nias mengadakan beberapa operasi dalam mengamankan pesta demokrasi yang akan terlaksana dalam waktu tidak lama lagi, maka dari itu diperlukan kesiap-siagaan dan kewaspadaan terhadap segala ancaman, gangguan, seperti hoax, ujaran kebencian dan hal serupa, yang berpotensi memecahbelah NKRI. Maka melalui kegiatan ini beliau meminta kerjasama seluruh pihak dan mengajak untuk menjaga kerukunan, ketertiban dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

Acara ini diisi dengan penyantunan 100 anak yatim dan Tabligh Akbar yang disampaikan oleh Drs. Nadiman KS dari Kotamadya Sibolga-Sumatera Utara.

Turut hadir Kapolres Nias dan Unsur Forkopimda, mewakili Bupati se-Kepulauan Nias, Drs. H. Nadiman KS selaku penceramah Agama, Ketua MUI se-Kepulauan Nias, Ketua FKUB Kota Gunungsitoli, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Gunungsitoli, Pimpinan Ormas, Tokoh Masyarakat, para Pemuka Agama, Organisasi Kepemudaan, Tokoh Perempuan dan segenap undangan lainnya. HMS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini