Ketua TP. PKK Kota Gunungsitoli Nyonya Tini Lakhomizaro Zebua beserta Tim melaksanakan monitoring tertib administrasi kegiatan PKK di Desa Gada Kecamatan Gunungsitoli Barat Kota Gunungsitoli, Jumat 26 Agustus 2022.

Ketua TP. PKK Kota Gunungsitoli dalam arahannya menyampaikan bahwa semua kegiatan PKK seperti keterampilan, pendidikan, kesehatan, dsb yang dilaksanakan di desa harus dicatat secara berkala dan teratur. “Data tersebut nantinya akan dituangkan dalam aplikasi Simponi (Sistem Informasi Manajemen PKK Kota Gunungsitoli), aplikasi khusus untuk PKK se-Kota Gunungsitoli yang sedang di design oleh Diskominfo Kota Gunungsitoli dan akan segera dilaunching,” ungkapnya.

Ketua TP. PKK Kota Gunungsitoli menambahkan, melalui aplikasi ini nantinya, semua kegiatan PKK di desa se-Kota Gunungsitoli bisa diakses oleh pemerintah pusat maupun daerah sehingga data terkait profil keluarga miskin, pra-sejahtera akan mudah ditampilkan, sehingga kebijakan pusat terkait pengambilan keputusan untuk keluarga kurang mampu, lebih cepat ditentukan. “Kami harap semua Ibu-ibu PKK di desa lebih pro-aktif untuk mendukung semua kegiatan PKK dan memetik manfaatnya karena hal ini bertujuan untuk menambah penghasilan keluarga,” tegas Ketua TP. PKK Kota Gunungsitoli, mengakhiri arahannya.

Camat Gunungsitoli Barat Fitelinamawati Hulu, SE.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada penyusunan APBDes, dia telah menginstruksikan kepada para Kepala Desa agar di setiap desa harus ada anggaran untuk pembinaan PKK. “Keberadaan PKK adalah untuk membantu pemerintah desa dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Saya berharap agar Ibu-ibu PKK lebih kooperatif dalam memberikan data seperti pendataan Dasa Wisma di desa, guna memudahkan pengambilan kebijakan oleh pemerintah,” paparnya, mengakhiri sambutannya.

Ketua TP. PKK Desa Gada Nyonya Yani Amonitazaro Zebua dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan PKK di Desa Gada telah terlaksana dengan baik, kegiatan pelatihan bagi Ibu-ibu PKK misalnya pelatihan memasak, pelatihan tata rias, pelatihan pembuatan krans bunga, pembuatan aneka keripik pisang, dan lain sebagainya. Pelaksanaan kegiatan tetap berpedoman pada rencana kerja yang telah disusun sesuai program pokok PKK yang pelaksanaannya mulai dari Pokja I sampai Pokja IV, sehingga hasilnya bisa menambah pendapatan keluarga. Namun, dari semua hasil kerja yang sudah dicapai, masih ada kekurangan disana-sini. Untuk itu, Nyonya Yani Amonitazaro Zebua berharap agar TP. PKK Desa Gada bisa diprioritaskan untuk menjadi desa binaan TP. PKK Kota Gunungsitoli.

Turut hadir dalam kegiatan monitoring tersebut, beberapa perwakilan dari SKPD terkait seperti Dinas Keptan Kota Gunungsitoli, Dinas PMD Kota Gunungsitoli, Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli, Dinas Perdagangan dan Naker Kota Gunungsitoli, Dinas Kominfo Kota Gunungsitoli, TP. PKK Kecamatan Gunungsitoli Barat, Kepala Desa Gada beserta jajarannya, dan hadirin lainnya.

(Press Release No. 135/PR-Diskominfo/2022 Tanggal 29 Agustus 2022)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini