Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli mengadakan kegiatan Pelatihan Tematik bagi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Petani yang dilaksanakan di masing-masing Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) se-Kota Gunungsitoli.

Kegiatan Pelatihan Tematik Merupakan Pola Pembelajaran dengan Tema dan Materi yang disusun berdasarkan Potensi Pertanian yang ada. Pelatihan dilaksanakan dengan penyampaian Materi oleh Narasumber dan disertai dengan Praktek Langsung. Pelatihan Tematik kali ini mengangkat Tema “Budidaya Tanaman Secara Hidroponik Dengan Sistem Wick (sumbu)”.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Penyuluhan Martin Setiawan Laoli, S.Pt, menyampaikan bahwa Kegiatan Pelatihan Tematik dilaksanakan secara terjadwal setiap hari Jumat yang bertepatan dengan Pelaksanaan Pertemuan Mingguan di masing-masing BPP mulai tanggal 27 Mei 2022 sampai tanggal 24 Juni 2022. Kota Gunungsitoli memiliki 5 (lima) BPP dan Peserta Pelatihan yang terdiri dari PPL dan Petani berjumlah 25 (dua puluh lima) orang Tiap BPP, sehingga Total Peserta Pelatihan Tematik se-Kota Gunungsitoli berjumlah 125 (seratus dua puluh lima) orang.

Dalam Arahan dan Bimbingannya, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli Darmawan Zagoto, SP menyampaikan agar seluruh Peserta mengikuti Pelatihan Tematik dengan sungguh-sungguh, baik teori dan terlebih-lebih praktek dan diminta agar ilmu dan pengalaman yang diterima selama mengikuti pelatihan tematik dapat diaplikasikan dan disebarkan kepada masyarakat petani di wilayah kerja masing-masing PPL dan pada masing-masing anggota kelompok tani yang perwakilannya mengikuti Pelatihan Tematik dimaksud

“Salah satu dukungan Pemerintah Kota Gunungsitoli pada pengembangan sektor Pertanian adalah dengan melaksanakan Pelatihan kepada PPL dan Petani, oleh karena itu diminta keseriusan untuk mengikutinya hingga selesai. Tema yang dilatih kali ini sangat sederhana, pelaksanaannya mudah, tidak membutuhkan biaya yang besar serta dapat diaplikasikan pada lahan pekarangan yang sempit” ujar kadis  

Masing-masing BPP menyambut baik pelaksanaan Pelatihan Tematik dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan sehingga dapat berjalan dengan lancar dari Awal sampai selesai dan para peserta antusias dalam mengikutinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini