Penanganan dan penjangkauan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) merupakan salah satu fokus kegiatan dan program Dinas Sosial Kota Gunungsitoli. Dalam hal Penanganan ODGJ di Kota Gunungsitoli,  Dinas Sosial telah menjalin kerjasama dengan Yayasan Pemulihan Kasih Bangsa Nias (YPKBN) yang beralamat didesa Dahana Kecamatan Gunungsitoli Idanoi dengan tujuan agar ODGJ yang berada di jalanan maupun yang berada dirumah dapat segera mendapatkan pelayanan rehabilitasi untuk pemulihan kesehatan jiwa.  Sampai saat ini tercatat 24 pasien ODGJ klien Dinas Sosial masih menjalani proses rehabilitasi di Yayasan dimaksud.

Dalam melaksanakan penanganan ODGJ, Dinas Sosial akan bertindak cepat dalam merespon kasus dengan terlebih dahulu melakukan asessmen dan selanjutnya  penjangkauan  atau penjemputan kerumah terhadap ODGJ yang dilaporkan.  Laporan yang diterima merupakan laporan resmi dari Pemerintah Desa/Kelurahan.

ODGJ yang ditangani Dinas Sosial dititik beratkan kepada ODGJ yang berasal dari keluarga tidak mampu untuk mendapatkan rehabilitasi di Yayasan.   Selama berada diyayasan, Dinas Sosial berkewajiban menyediakan kebutuhan dasar setiap bulan yang disalurkan melalui yayasan,  kerjasama dengan Dinas Dukcapil dalam memfasilitasi pengurusan administrasi kependudukan bagi ODGJ yang tidak memiliki dokumen kependudukan,  menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas untuk pemeriksaan dan pengobatan kesehatan pasien, memfasilitasi pembiayaan pengobatan bagi ODGJ yang opname di RSU khususnya bagi ODGJ yang tidak memiliki BPJS, KIS, Jamkesda.

Penanganan ODGJ ini selaras dengan salah tugas dan fungsi dari Dinas Sosial yaitu melakukan pelayanan rehabilitasi dan perlindungan sosial bagi masyarakat yang harapannya agar pasien ODGJ cepat pulih dan bisa berkumpul dengan keluarga tercinta.

7 KOMENTAR

  1. Selamat sore saya akbar.saya punya Ade yg bernama priyanto.ade saya kenapa ia selalu galak SMA orang tua saya termasuk ibu sayasakid sudah cukup lama saya gx tw arus gmn LG

  2. Halo saya R, ada teman saya jumlahnya 4 bernama Anthony, Nicholas, Farrel, Vincent. Sepertinya mereka memiliki sakit jiwa yang sangat keras sehingga mereka sering menertawakan orang lain dengan ketawa yang mengesalkan dan itu saja yang mereka lakukan. Sangat diapresiasi bila bisa ditangani. Lokasi Sekolah SMPK 6 Penabur Muara Karang. Terima kasih.

  3. Selamat pagi untuk bapak atw ibu mohon dibantu di tindak untuk odgj di daerah kelapa gading samping pempek yuk yg sudah meresah kan warga apa pun customer pembeli maxcoffe apa pempek yuk…alamat nya tepat nya didepan mall kelapa gading 3
    Lb03 ya pak tlg segera di bantu

    • Selamat malam bapk atau ibu saya mohon bantuannya untuk menindak lanjutkan dikarna meresahkan keluarga serta lingkungan… Jl pisangan baru rt001/rw012 depan klinik karya bakti dhipa biasa berdiri di gang aliyyah wedding

  4. Ass.. bapak atau ibu mohon bantuannya .. sy mempunyai saudara kandung yg stiap hari ngoceh” trus marah” trus dn dia selalu melawan orang tua. Sy GK tau lagi harus di bawa kemana untuk kejiwaannya. Mohon bantuannya BPK atau ibu 🙏🙏🙏

  5. izin bertanya min, bagaimana ketika warga desa melaporkan telah menemukan ODGJ yang dari daerah Luar atau Provinsi lain. bagaimana alurnya bagi kami melaporkan kejadian tersebut ??

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini