Gunungsitoli (28/01/2022), Menteri Hukum Dan HAM RI Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D didampingi Marinus Gea, S.E., M.Ak. Anggota DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Pulau Nias. Salah satu agenda kunjungan kerja Menkumham adalah dalam rangka peresmian Kapal KMP. Wira Nauli di Pelabuhan Angin Gunungsitoli. Wali Kota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, S.E., M.Si turut mendampingi Menkumham saat meresmikan Kapal KMP. Wira Nauli tersebut, Jumat 28 Januari 2022.

Menteri Hukum Dan HAM RI Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D dalam arahannya menyampaikan bahwa beliau merasa terhormat telah hadir pada peresmian KMP. Wira Nauli saat ini, sekaligus dengan beberapa agenda kunjungan kerja lainnya di Pulau Nias.

“Saya mengucapkan terimakasih atas komitmen dari Direktur Utama PT. Wira Jaya Logitama Lines yang sudah lama mengundang saya untuk meresmikan kapal ferry yang besar ini. Namun, karena kesibukan kerja, sehingga baru sekarang ada waktu untuk meresmikan sekaligus dengan merangkaikan beberapa agenda kunjungan kerja lainnya di Pulau Nias tercinta ini,” ungkap Pak Menteri mengawali arahannya.

“Saya, sebagai salah satu putra daerah Nias, mengucapkan terimakasih kepada PT. Wira Jaya Logitama Lines dengan beberapa kapalnya yang lain, termasuk KMP. Wira Nauli yang diresmikan hari ini. Dengan keberadaan kapal seperti ini, maka konektifitas untuk logistik, untuk transportasi, untuk kebutuhan dasar masyarakat Pulau Nias pada umumnya dapat terjangkau semua, termasuk harga tiket yang ekonomis. Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Pulau Nias agar bersama-sama menjaga fasilitas yang sudah tersedia ini dengan baik,” ujar Pak Menteri mengapresiasi.

Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D juga menyampaikan terimakasih atas hibah tanah untuk tapak bangunan Kantor Imigrasi Gunungsitoli dari Pemerintah Kota Gunungsitoli ke Kementerian Hukum Dan HAM RI.

Wali Kota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua melalui sambutannya menyampaikan bahwa Pulau Nias terpisah dari daratan Sumatera, kebutuhan akan transportasi laut dan udara sangatlah vital. Tingkat kemahalan harga kebutuhan pokok dan bahan sekunder lainnya sangat ditentukan oleh ketersediaan angkutan yang ekonomis, terjangkau serta lancar. Beliau berharap dengan kehadiran KMP. Wira Nauli ini dapat meningkatkan dan memperlancar layanan penumpang dan barang, dari dan ke Pelabuhan Laut Gunungsitoli.

“Atas nama pemerintah Kota Gunungsitoli, kami mengapresiasi dan menyambut baik pengoperasian Kapal KMP Wira Nauli yang melayani pelayaran Gunungsitoli – Sibolga sebagai armada kapal yang dikelola oleh PT. Wira Jaya Logitama Lines, sekaligus kami menyambut dengan gembira kehadiran Bapak Menteri Hukum Dan HAM RI beserta Bapak Marinus Gea Anggota DPR RI dalam acara peresmian KMP. Wira Nauli saat ini,” pungkas Wali Kota Gunungsitoli mengakhiri sambutannya.

Turut hadir, Kakanwil dan Jajaran Kementerian Hukum Dan HAM RI, Bupati dan Wakil Bupati Nias, Bupati Nias Selatan, Dandim 0213/ Nias, Kapolres Nias, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Kajari Gunungsitoli (mewakili), Direktur Utama PT. Wira Jaya Logitama Lines, Ketua DPRD Kota Gunungsitoli, Kepala KSOP Kelas IV Gunungsitoli, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, RRI Gunungsitoli, para awak media, dan hadirin lainnya.

(Press Release No. 017/PR-Diskominfo/2022 Tanggal 28 Januari 2022).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here