Gunungsitoli (30/12/2021), Melalui Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 002.6-5848 Tahun 2021 Tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota Tahun 2021, Kota Gunungsitoli mendapat predikat sebagai salah satu Kota yang inovatif dengan skor indeks sebesar 47,61.

Disebutkan dalam surat keputusan tersebut bahwa Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota Tahun 2021 adalah laporan informasi data inovasi daerah berdasarkan hasil pengukuran indeks inovasi daerah yang telah divalidasi oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri dan melalui proses Penjaminan Mutu oleh Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UKKPPM) Scientific Modeling, Application, Research, and Training for City-Centered Innovation and Technology (SMART CITY) Universitas Indonesia.

Dalam surat keputusan tersebut, indeks inovasi daerah baik Provinsi, Kabupaten maupun Kota terbagi dalam empat kategori yakni Sangat Inovatif, Inovatif, Kurang Inovatif dan Tidak Dapat Dinilai. Berdasarkan keputusan tersebut Kota Gunungsitoli berada pada urut ke-47 dari 93 Kota di Indonesia sementara di tingkat Provinsi Sumatera Utara, nilai indeks inovasi daerah Kota Gunungsitoli berada pada urutan ke-1 dari 8 Kota di Sumatera Utara.

Capaian yang didapat Kota Gunungsitoli dalam penilaian tersebut tidak lepas dari program-program inovatif yang telah dilaksanakan oleh Perangkat Daerah Lingkup Kota Gunungsitoli dan telah dilaporkan ke Kemendagri melalui penginputan ke dalam aplikasi indeks inovasi daerah.

Beberapa program tersebut diantaranya adalah Program Excavator Gratis (EXIS) oleh Dinas PUPR, Program Tanggap Masalah Kesehatan Masyarakat (TAMASYA) oleh Dinas Kesehatan, Program Pendidikan Kesetaraan Bagi Warna Binaan (DISAIN WARNA) oleh Dinas Pendidikan, Program Layanan Internet Gratis (LIGAT) oleh Dinas Komunikasi dan Informatika serta Program Sistem Informasi Pengaduan Penanganan Sampah (SIPEPES) oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Unduh SK Mendagri:

(Press Release No. 313/PR-Diskominfo/2021 Tanggal 30 Desember 2021).

1 KOMENTAR

  1. Selamat atas terpilihnya Kota Gunungsitoli sebagai kota Inovatif, semoga makin inovatif dimasa mendatang dan bisa memberikan kontribusi yang berdampak kepada masyarakat Kota Gunungsitoli, sehingga menjadi masyarakat yang maju, cerdas, dan berdaya saing terhadap daerah lain di Indonesia.GBU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here