Walikota Gunungsitoli Terima Penghargaan Atas Capaian Opini WTP Terhadap LKPD Tahun 2020

0
44

Gunungsitoli (19/11/2021), Atas capaian opini WTP terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020, Kementerian Keuangan RI melalui Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli. Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara Drs. Tiarta Sebayang, M.M yang diterima langsung oleh Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua, bertempat di Gedung Aula KPPN Gunungsitoli Jl. Pancasila No. 13 Gunungsitoli, Jumat 19 November 2021.

Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Gunungsitoli sangat mengapresiasi piagam penghargaan yang sudah diberikan oleh Pemerintah Pusat dan berbangga hati atas prestasi yang sudah diraih. Walikota Gunungsitoli berpesan kiranya prestasi ini, terus dipertahankan dengan tetap disiplin di setiap proses pengelolaan keuangan daerah mulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan di setiap kegiatan/ program.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara Drs. Tiarta Sebayang, M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa WTP merupakan wujud kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan maupun penggunaan azas-azas akuntansi termasuk azas akrual dalam melaksanakan pengelolaan keuangan negara dan daerah. ”Kami yakin, apa yang sudah diraih oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli ini merupakan wujud nyata serta komitmen yang kuat dari seluruh jajaran di lingkungan Pemerintah Kota Gunungsitoli dalam membangun akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Capaian ini bisa diraih karena didukung oleh para aparatur yang berkualitas dan sistem manajemen keuangan yang semakin baik serta penjaminan mutu (quality assurance) yang dilakukan pengawas internal dengan baik”, ungkap Drs. Tiarta Sebayang, M.M mengapresiasi.

Kepala KPPN Gunungsitoli Jakson Sunario Panjaitan, S. Sos, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dilihat dari progresnya, penyerapan DAK Fisik Pemerintah Kota Gunungsitoli sangat baik dan yang terbaik di Kepulauan Nias jika dibandingkan dengan penyerapan DAK Fisik pada Pemkab lain. Kepala KPPN Gunungsitoli juga menyampaikan apresiasi yang tinggi  kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli atas kerjasama dan komunikasi yang baik selama ini.

Predikat opini WTP ini menjadi yang ke-tiga kalinya diraih oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli secara berturut-turut. Perolehan opini WTP ini merupakan hasil dari kerja keras dan sinergitas semua pihak terutama Instansi Pengelola Keuangan Daerah yang telah memenuhi prinsip-prinsip akuntansi yang baik dan dengan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) oleh BPK RI.

Hadir dalam acara apresiasi piagam penghargaan tersebut, yakni: Plt. Sekda Kota Gunungsitoli, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Gunungsitoli, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Gunungsitoli, Kabid Akuntansi dan Kabid Pengelolaan Aset BPKPD Kota Gunungsitoli, dan hadirin lainnya.

(Press Release No. 284/PR-Diskominfo/2021 Tanggal 19 November 2021)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here