Gunungsitoli (01/11/2021), Karang Taruna Desa Faekhu Kecamatan Gunungsitoli Selatan Kota Gunungsitoli masa Bakti 2021 – 2026, dilantik dan dikukuhkan oleh Kepala Desa Faekhu, bertempat di Balai Pertemuan Desa Faekhu Kecamatan Gunungsitoli Selatan Kota Gunungsitoli, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Kepala Desa Faekhu Dedi Marianus Harefa, menyampaikan bahwa dengan telah dilantiknya kepengurusan Karang Taruna ini, mempunyai tanggungjawab dalam mendukung dan memajukan generasi muda. “Dengan telah dilantiknya Karang Taruna Desa Faekhu Masa Bakti 2021-2026 ini, maka ke depan ini mempunyai tanggungjawab dalam mendukung dan memajukan generasi muda untuk lebih maju, lebih kreatif dan menciptakan inovasi-inovasi yang bermanfaat untuk kemajuan Kota Gunungsitoli, kemajuan Kecamatan Gunungsitoli Selatan dan secara khusus Desa Faekhu. Pada kesempatan ini juga, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari Bapak/ibu yang hadir pada saat ini, baik Ketua BPD dan segenap anggota BPD, LPM, PKK, Sanggar  Seni dan Budaya Holi Laraga yang telah mendukung acara pada hari ini, dan terlebih lebih kepada Tim Tujuh  yang telah bersusah payah merancang kegiatan pelantikan dan pengukuhan pada hari ini”, ungkap Kepala Desa Faekhu mengawali sambutannya.

Beliau juga menyampaikan bahwa kedepan Karang Taruna Desa Faekhu Masa Bakti 2021-2026  mempunyai tugas dan fungsi dalam pelaksanaannya. Beberapa tugas dari Karang Taruna yang baru dilantik pada hari  ini adalah membantu Kepala Desa dalam menanggulangi masalah kesejahteraan sosial dan perkembangan generasi muda, ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, meningkatkan pelayanan masyarakat desa dan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa. Disamping itu juga, ada beberapa fungsi dari Karang Taruna ini sebagai penyelenggara upaya kesejahteraan sosial khususnya generasi muda.

“Kami yakin dan percaya kepengurusan Karang Taruna yang baru dilantik  pada hari ini, dapat melaksanakan tugas dan fungsinya untuk memajukan Desa Faekhu dan segera merancang agenda  program Karang Taruna Tahun 2022 karena kita sedang dalam pembahasan APBDes Tahun 2022, mari bergandengan tangan untuk membangun Desa Faekhu. Akhir  kata kami mengucapkan selamat kepada pengurus Karang Taruna Desa Faekhu Masa Bakti 2021-2026 yang baru dilantik”, Ungkap Kepala Desa Faekhu mengakhiri sambutannya.

Sebelumnya, Ketua Tim Pelaksana Faduhusa Harefa, dalam laporannya menyampaikan bahwa pembentukan Karang Taruna pada Tahun 2021 ini merupakan capaian yang luar biasa dimasa pemerintahaan saat ini.  Pembentukan ini sesuai dengan regulasi yang ada, melalui musyawarah Desa dan ditindaklanjuti dengan dengan surat Camat Gunungsitoli Selatan. Pembentukan Karang Taruna ini berkat ketekunan seluruh masyarakat Desa Faekhu yang telah membantu, sehingga pembentukan Karang Taruna Desa Faekhu bisa terlaksana dengan baik.

“Tim sudah bekerja, kami namakan Tim Tujuh, dan kalau hanya kemampuan Tim yang hanya tujuh orang, kita tidak bisa berkumpul pada hari ini, tapi karena ketekunan seluruh masyarakat Desa Faekhu sehingga pengukuhan pada hari ini dapat terlaksana”, Ungkap beliau dalam laporannya.

Ketua Karang Taruna Kota Gunungsitoli  Warman Jaya Zega, SKM., MM,  mengapreasi pelantikan Karang Taruna Desa Faekhu pada hari ini, kami sangat salut kepada Kepala Desa, seluruh Aparat Desa dan BPD bahwa pelantikan kepengurusan Karang Taruna ini yang begitu megah dan wah, dan pelantikan pada hari ini tidak terlaksana kalau tidak ada kerjasama. Karang Taruna ini adalah pendukung dan mitra Kepala Desa. Karang Taruna merupakan Lembaga Kemasyarakatan Desa yang fokus pada kepemudaan dan masalah sosial.

“ saya juga berpesan kepada Ketua Karang Taruna yang baru dilantik bahwa sesuai dengan yang disampaikan oleh Kepala Desa Faekhu, setelah ini untuk segera melaksanakan pertemuan untuk penyusunan program kerja sehingga ke depannya lebih maju dan bersemangat”.

Untuk membantu Pemerintah dalam penanganan Covid – 19, Karang Taruna Kota Gunungsitoli telah menerima bantuan dari Kementerian Sosial berupa paket yang berisi masker dan vitamin. Desa Faekhu mendapat sebanyak 50 paket. Untuk menambah semangat dan sebagai langkah awal, maka Karang Taruna Kota Gunungsitoli akan menambah 150 paket lagi sehingga seluruhnya berjumlah 200 paket, ini menjadi awal tindakan kita ke depan, agar dimanfaatkan dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kami dari Karang Taruna Kota Gunungsitoli, mengucapkan Selamat  dan semoga Karang Taruna Desa Faekhu dapat menjadi contoh ditengah masyarakat”, ungkap beliau mengakhiri sambutannya.

Camat Gunungsitoli Selatan Yafet Krismatius Bu’ulolo, SSTP., MAB, mengapreasi pembentukan Karang Taruna Desa Faekhu yang dilaksanakan pada hari ini. Beliau juga menekankan bagaimana eksistensi Organisasi Karang Taruna ini kedepan. “Kami menekankan bagaimana eksistensi Organisasi ini kedepan, apakah bisa bertahan sebagaimana wah nya pelantikan pada hari ini.  Namun kami yakin, dengan kepengurusan yang baru dilantik ini, mampu menunjukkan keberadaannya di Desa Faekhu”, ujar beliau dalam arahannya.

Adapun Pengurus Karang Taruna Desa Faekhu Kecamatan Gunungsitoli Selatan Masa Bakti 2021 – 2026, yakni: Meisoniman Harefa, SH sebagai Ketua,  Firman Syukur Halawa, SE sebagai Sekretaris, dan Murni Manny Wati Harefa sebagai Bendahara.

Acara berlangsung tertib diawali dengan nyanyi dan doa, diisi berbagai acara budaya Nias diselingi tarian sekapur sirih dari Sanggar Seni dan Budaya Holi Laraga Desa Faekhu, diselingi beberapa tembang manis dari vokalis lokal dan diakhiri dengan maena bersama.

Acara Pelantikan dan Pengukuhan dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Gunungsitoli Dapil II, Camat Gunungsitoli Selatan, mewakili Kepala Dinas Sosial Kota Gunungsitoli, Ketua Karang Taruna Kota Gunungsitoli, Ketua KNPI Kota Gunungsitoli, Ketua Karang Taruna Kecamatan Gunungsitoli Selatan, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan hadirin lainnya.

(Press Release No. 274/PR-Diskominfo/2021 Tanggal 01 November 2021)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini