Gunungsitoli (21/08/2021), Sebagai jaring pengaman sosial dimasa pandemi dan untuk menopang daya beli masyarakat agar perekonomian desa produktif dan bergerak. Pemerintah Desa Tuhegeo II menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada 22 keluarga penerima manfaat (KPM) bertempat di Kantor Desa Tuhegeo II Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Sabtu (21/08/2021).

Kepala Desa Tuhegeo II Yaredi Laoli menjelaskan bahwa bantuan langsung tunai yang dibagikan pada tahap I adalah untuk bulan Januari hingga maret 2021, dengan nilai bantuan sebesar Rp. 300.000 setiap bulannya.

“Saya jelaskan bahwa BLT ini tidak menunggu turun dana desa secara keseluruhan, karena pemerintah lebih mengutamakan penyaluran BLT dengan syarat pengajuan dana desa telah dilaksanakan, BLT  tidak boleh ditahan-tahan harus segera kita salurkan,” ucapnya.

Masih dijelaskan Kepala Desa, bahwa dalam hal rangkaian proses penyaluran BLT terlebih dahulu melalui berbagai tahapan sesuai dengan aturan yang ada. Salah satunya penginputan dana desa yang dilakukan secara online. Selain itu juga dibutuhkan kelengkapan data dari keluarga penerima manfaat.

“Kita berusaha setelah penyaluran BLT ini untuk segera menyampaikan pertanggungjawabannya sekaligus pengajuan untuk tahapan berikutnya. Karena jika laporan pertanggungjawaban belum selesai maka pengajuan juga tidak bisa dilakukan,” ucapnya.

Penyaluran bantuan tunai tersebut turut dihadiri Sekretaris Desa, Ketua LPM, Anggota BPD Tuhegeo II dan Pendamping Lokal Desa (PLD).

(Press Release No. 194/PR-Diskominfo/2021 Tanggal 22 Agustus 2021).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini