(Gunungsitoli 10/09/2020), Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua dan Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si memimpin penyerahan secara simbolis bantuan berupa mesin perahu kepada para nelayan dan coolbox kepada pemasar ikan di wilayah Kota Gunungsitoli TA. 2020 bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli.

Kepala Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli Aliran Telaumbanua, SP., M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa total jumlah nelayan yang ada di wilayah pemerintah Kota Gunungsitoli sebanyak 1863 orang dan diantaranya terdapat 413 orang yang masih menggunakan perahu dayung, dan bantuan kali ini disalurkan khusus kepada para nelayan yang masih menggunakan perahu dayung tersebut, seterusnya bantuan coolbox 200 liter disalurkan kepada 75 orang pemasar ikan se-Kota Gunungsitoli.

Proses penyaluran bantuan ini dilaksanakan di 3 lokasi, yaitu di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi bergabung dengan Kecamatan Gunungsitoli Selatan, seterusnya akan dilaksanakan di Kecamatan Gunungsitoli, dan Kecamatan Gunungsitoli Utara.

Penerima bantuan di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi sebanyak 105 mesin perahu kepada nelayan dan 15 unit coolbox kepada pemasar ikan, berikutnya penerima bantuan di Kecamatan Gunungsitoli Selatan sebanyak 35 mesin perahu kepada nelayan dan 15 unit coolbox kepada pemasar ikan.

Dalam arahan dan bimbingannya, Walikota Gunungsitoli menyampaikan bahwa penguasaan teknologi serta ketersediaan sarana dan prasarana penangkapan ikan dapat meningkatkan produksi ikan sehingga bila dimanfaatkan dan diolah dengan baik maka menjadi salah satu penyumbang terbesar terhadap PRDB (Produk Domestik Regional Bruto) Kota Gunungsitoli sekaligus meningkatkan penghasilan para nelayan dan pemasar ikan.

”Di Kota Gunungsitoli saat ini sedang meningkatnya angka penularan Covid-19, terdapat 71 orang yang sudah terkonfirmasi positif dan 4 orang diantaranya meninggal dunia, dan yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 28 orang. Melalui kesempatan ini, saya himbau kepada para nelayan dan pemasar ikan agar tetap mematuhi protokoler kesehatan dalam beraktifitas demi menjaga diri sendiri, keluarga dan orang lain di sekitar kita,” harap Walikota Gunungsitoli antusias.

Pada acara penyerahan bantuan ini turut dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Gunungsitoli, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Gunungsitoli, Inspektur Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gunungsitoli, Kasatpol PP Kota Gunungsitoli, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Gunungsitoli, Camat Gunungsitoli Idanoi, Camat Gunungsitoli Selatan, beserta hadirin lainnya.

(Press Release No. 87/PR-Diskominfo/2020 Tanggal 10 September 2020).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here