Gunungsitoli, (23/07/2024) Bunda PAUD Kota Gunungsitoli Ny.Veny Sowa’a Laoli terus melakukan Peninjauan Penerapan Masa Pengenalan Sekolah (MPLS) sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Hari keempat berlokasi di UPTD SD Negeri 076696 Sifalaete Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Selasa (23/07/2024)

Diawal arahannya, Bunda PAUD Kota Gunungsitoli mengajak semua hadirin memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas penyertaanNya sehingga dapat berkumpul di sekolah yang dicintai ini. “Periode penting tumbuh kembang anak berada di masa anak usia dini. Disinilah momen membangun fondasi pengetahuan, keterampilan serta karakter yang dibutuhkan sebagai bekal kehidupan. Rentang anak usia dini adalah 0-8 tahun, sehingga proses tersebut harus berkesinambungan sejak usia PAUD hingga SD kelas awal karena akan sangat mempengaruhi keberhasilan, kesejahteraan, keterlibatan dan sikap positip terhadap belajar yang dibangun sejak PAUD,” Jelas Bunda PAUD

Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan juga bertujuan memastikan bahwa anak-anak usia dini yang tidak berkesempatan mengikuti Pendidikan anak usia dini dapat memiliki hak yang sama untuk dibina dan mendapatkan kemampuan fondasi atau kemampuan dasar secara menyeluruh. Dengan demikian anak memiliki keterampilan, kemampuan dan kematangan yang holistik.

Visi yang ingin dicapai oleh Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan yakni: Proses belajar di PAUD dan SD kelas awal yang berkesinambungan dan efektif dalam membangun kemampuan fondasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, terdapat tiga target perubahan yang perlu dimiliki bersama, yaitu pertama Satuan Pendidikan perlu menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru di SD, kedua menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama 2 (dua) minggu pertama, ketiga menerapkan pembelajaran yang membangun 6 (enam) kemampuan fondasi anak. 6 (enam) kemampuan fondasi anak itu yakni; mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan sekolah, kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan.

Bapak/Ibu orang tua siswa yang saya hormati, “Saya mengajak kita semua secara bersama-sama mensukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, sehingga tercipta sebuah kenangan indah di memori anak-anak generasi Kota Gunungsitoli yang kita cintai ini. Melalui Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang Menyenangkan tentunya membuat anak-anak nyaman serta betah belajar di sekolah. Terima kasih atas penerimaan hangat baik dari seluruh Bapak/Ibu guru, orang tua dan terlebih-lebih anak-anak yang telah menampilkan kebolehannya. Anak-anak berani mengekspresikan diri. Hal ini membuktikan kemampuan dari Bapak/ibu guru dalam membina anak-anak kita,” ucap Bunda PAUD mengakhiri.

Melalui laporannya, Kepala Sekolah Ibu Marlina Harefa, S.Pd.SD menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan Bunda PAUD Kota Gunungsitoli dan rombongan, “ini adalah kunjungan perdana Bunda PAUD, tentunya menjadi sebuah kehormatan dan kebanggaan buat kami,”tutur Marlina dengan sukacita.

Ditambahkannya UPTD SD Negeri 076696 Sifalaete terletak di Desa Sifalaete Kecamatan Gunungsitoli Idanoi. Jumlah siswa sebanyak 87 (delapan puluh tujuh) orang terbagi dalam 6 (enam) rombel. Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan 14 (empat belas) orang terdiri dari PNS = 2 (dua) orang P3K = 5 (lima) orang, GTT = 3 (tiga) orang dan PTT = 4 (empat) orang. Pada tahun ajaran 2024/2025, UPTD SD Negeri 076696 Sifalaete membuka penerimaan peserta didik baru. Yang mendaftar berjumlah 9 (sembilan) orang. Laki-laki = 5 (lima) orang, perempuan = 4 (empat) orang. Kegiatan yang dilaksanakan; Pembukaan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dilaksanakan tanggal 8 Juli 2024 bersama pengurus komite dan orang tua peserta didik baru; MPLS yang menyenangkan bagi kelas 1 (satu) dilaksanakan selama 2 (dua) minggu. Kegiatannya sesuai dengan jadwal yang telah dibuat meliputi Pengenalan diri, lingkungan sekolah, guru, teman dan juga mengikuti sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan di Lingkungan Sekolah.

Perwakilan orang tua dalam hal ini komite sekolah, Bapak Alfius Laowo dan Kepala Desa Sifalaete Bapak Ekaman Laowo, S.Pd melalui sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih banyak atas kunjungan perdana Bunda PAUD Kota Gunungsitoli serta menitipkan pesan agar UPTD SD Negeri 076696 Sifalaete Kecamatan Gunungsitoli Idanoi mendapat perhatian dari pemerintah Kota Gunungsitoli dalam berbagai sisi.

Turut hadir Ibu Ketua Pokja PAUD Kota Gunungsitoli, Pdt., Orang tua siswa, Pengawas Sekolah, Seluruh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, serta tim dari Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli

(Press Release No.167/PR-Diskominfo/2024 tanggal 23 Juli 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini