Gunungsitoli (18/07/2024) Dalam upaya memberikan pengetahuan tentang kebencanaan, Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gunungsitoli melaksanakan sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Sekolah Siaga Bencana Tahun 2024, bertempat di SD Negeri 070991 Mudik Kota Gunungsitoli, Kamis (18/07/2024).

Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, S.E.,M.Si saat dialog interaktif bersama RRI Gunungsitoli menyampaikan bahwa sosialisasi KIE Sekolah Siaga Bencana merupakan salah satu cara memperkenalkan dan meliterasikan apa yang dimaksud dengan bencana dan apa saja jenis-jenis bencana.

“Kegiatan seperti ini sangat efektif, karena sosialisasi siaga bencana merupakan hal yang wajib dilakukan mengingat Kota Gunungsitoli termasuk rawan bencana, jadi sedini mungkin kita harus bisa melakukan mitigasi bencana dengan harapan sekolah-sekolah dapat melaksanakan melalui muatan lokal, ekstrakurikuler,  melalui sosialisasi dari Dinas BPBD, pemetaan wilayah dan juga memasang rawan-rawan bencana seperti jalur evakuasi dan lain sebagainya,” jelasnya.

Di akhir arahannya, Wali Kota berharap kiranya peserta didik dapat memahami dan meningkatkan kemampuan tanggap darurat bencana di satuan pendidikan dalam mengurangi risiko bencana, sehingga mampu memberikan perlindungan dan keselamatan pada peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan serta lingkungan sekitar. Tidak kurang, seluruh peserta didik juga diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam upaya pencegahan bencana, serta dapat menyebarluaskan informasi dan pengetahuan kepada keluarga dan di lingkungan masing-masing.

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan sosialisasi Sekolah Siaga Bencana dengan dengan melibatkan seluruh peserta didik bersama seluruh tenaga pendidik dan kependidikan dengan pemateri Ibu Inno Teresia Simanjuntak, S.Si.,M.Si (Analisis Kebencanaan BPBD Kota Gunungsitoli), bertempat di halaman SD Negeri 070991 Mudik Kota Gunungsitoli.

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Kota Gunungsitoli Meiman Kristian Harefa, S.Sos.,MSP, Kepala Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli Drs. Arham Dusky Hia, Kepala BPBD Kota Gunungsitoli Ir. Ekuator Jaya Daeli, ST., M.M, Kepala RRI Kota Gunungsitoli, Sekretaris Camat Kota Gunungsitoli dan hadirin lainnya.

(Press Release No.160/PR-Diskominfo/2024 tanggal 18 Juli 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini