Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi melakukan kunjungan kerja pertamanya di Kepulauan Nias dan disambut oleh unsur Forkada dan Forkopimda se – Kepulauan Nias di Bandara Binaka, Rabu 31 Oktober 2018.

Pulau Nias mempunyai peranan penting sebagai benteng pertahanan terdepan wilayah Sumatera Utara dan juga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, pembangunan di wilayah Kepulauan Nias harus menjadi fokus dan prioritas utama.

Tampak Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua bersama dengan Ketua Forkada Kepulauan Nias, Bupati Nias Barat, dan kepala daerah lainnya menyimak dengan seksama apa yang disampaikan oleh Bapak Gubernur sembari beramah tamah di Ruang VIP Bandara Binaka sesaat setelah Pesawat yang ditumpangi mendarat.

“Nias kaya akan potensi. Hal ini sangat disadari oleh orang-orang dari luar. Oleh karena itu, kita harus segera mengambil peluang akan hal ini, jangan sampai orang asing yang mendapat keuntungan” ujar beliau sembari menyayangkan kabar tentang adanya aset-aset di Kepulauan Nias yang dikuasai oleh asing.

Setelah tiba di Bandara Binaka, rombongan Gubernur kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Nias Barat membuka Open Tournament Sepakbola PSSI dan pertemuan dengan Kepala Sekolah SMK se-kepulauan Nias.

Pada malam harinya, bertempat di Pendopo Bupati Nias, Gubernur Sumatera Utara bersama dengan unsur Forkada dan Forkopimda se-Kepulauan Nias melaksanakan jamuan makan malam dan ramah tamah sembari membahas fokus program pembangunan di Kepulauan Nias. Pada kesempatan ini, beliau meminta kepada seluruh Kepala Daerah se-Kepulauan Nias untuk segera menentukan program-program pembangunan prioritas.

Pada pertemuan ini, sektor pertanian, perkebunan, dan pariwisata menjadi usulan yang paling banyak dikemukakan. Oleh karena itu, beliau menyarankan agar para Kepala Daerah segera memetakan dan merencanakan program untuk mensukseskan pembangunan di sektor tersebut. “Gunakan tenaga ahli. Jika SDM di wilayah saudara tidak ada, maka gunakanlah konsultan untuk percepatan, Sembari SDM di daerah dapat belajar dan memperoleh perbandingan” ujar beliau.

Bapak Gubernur juga berpesan agar Pemerintah di daerah tidak segan-segan untuk berkonsultasi dan juga mengintensifkan komunikasi dengan pemerintah provinsi. Hal ini dimaksudkan agar adanya keselarasan dalam pelaksanaan Visi dan Misi Pembangunan di Sumatera Utara. “Apa yang kita rencanakan ini jangan berhenti sampai di sini dan hanya sebatas kata-kata saja” tegas beliau.

Turut hadir pada ramah tamah ini antara lain Kepala Dinas Pendidikan Provsu, Kepala Dinas Pertanian Provsu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Provsu, OPD dan Forkopimda se – Kepulauan Nias.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini