Gunungsitoli (21/06/2022). Kelompok Wanita Tani (KWT) Maju Desa Tetehosi II Kecamatan Gunungsitoli Idanoi melaksanakan Panen Perdana Cabai Merah, yang dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli dan Perwakilan Camat Gunungsitoli Idanoi, Kamis (16/6/2022).

Kegiatan Budidaya Cabai Merah yang dilaksanakan oleh KWT Maju merupakan kegiatan yang bersumber dari Anggaran Dana Desa Tetehosi II dengan Luas Lahan 0,25 ha. Kegiatan Usaha Budidaya Cabai Merah ini juga tidak Lepas dari Pendampingan dan Pembinaan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli yang ditempatkan di Desa Tetehosi II Kecamatan Gunungsitoli Idanoi An. Mekar Hasrat Manto Gea, SP.

Dalam kata sambutannya, Kepala Desa Tetehosi II Suardi Batee sangat mengapresiasi keberhasilan KWT Maju dalam membudidayakan Tanaman Cabai sehingga hasilnya dapat di Panen mulai hari ini. Kades juga mengucapkan terimakasih atas dukungan berupa pendampingan dan pembinaan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli melalui PPL yang tiada hentinya terus mendampingi petani dalam mengembangkan usaha pertanian.

“Saya mewakili Pemerintahan Desa Tetehosi II menyambut baik atas keberhasilan KWT Maju dalam budidaya cabai. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian karena terus mendampingi Kelompok mulai dari awal sampai saat ini. Kami juga mengharapkan dukungan dari Dinas Pertanian untuk terus memotivasi petani dan jika ada bantuan sarana produksi (saprodi) agar dapat diarahkan salah satunya di Desa Tetehosi II” ujar Suardi

Sambutan juga disampaikan oleh ketua BPD Desa Tetehosi II, Pendamping Desa (PD) Tetehosi II serta Camat Gunungsitoli Idanoi yang diwakili oleh Kassubag Umum dan Kepegawaian. Mereka menyambut baik pelaksanaan Panen Perdana dan Berharap agar kegiatan ini dapat terus berkesinambungan dan terus dikembangkan.

Dalam Arahan dan Bimbingannya, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli Darmawan Zagoto, SP turut bangga atas keberhasilan KWT Maju dalam melaksanakan program kegiatan Desa Tetehosi II dalam hal Budidaya Cabai.

Plt Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian menyampaikan arahan dan bimbingan pada kegiatan panen perdana di KWT Maju Desa Tetehosi II Kec. Gunungsitoli Idanoi

“Saya mewakili Pemerintah Kota Gunungsitoli turut bangga atas keberhasilan KWT Maju dalam kegiatan Budidaya Cabai. Kegiatan usaha budidaya ini diharapkan terus berkelanjutan, jangan hanya berhenti pada musim tanam ini saja, bahkan diharapkan dapat dikembangkan (perluasan tanam) dan masing-masing anggota dapat melakukan budidaya tanaman hortikultura di lahannya masing-masing. Kelompok harus mencatat secara detail penerimaan dari setiap cabai yang dijual dan hasil penjualan Sebagian disisihkan untuk biaya/modal pada pertanaman selanjutnya. Kami dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli akan terus mendukung para petani yang ingin berusaha tani dengan sungguh-sungguh” papar Darmawan

Seusai Arahan dan Bimbingan dari Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli, dilaksanakan Kegiatan Panen Perdana Komoditi Cabe Merah oleh seluruh Anggota KWT Maju dan Tamu Undangan.

Pada Lahan Kelompok Wanita Tani Maju, selain komoditi Cabai merah juga ditanam komoditi Jagung Manis yang juga menjelang panen. Seluruh Anggota kelompok berkomitmen untuk terus mengembangkan budidaya tanaman Cabai sehingga dapat menjadi komoditi andalan di Desa Tetehosi II dan dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini