Gunungsitoli (14/06/2022), Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Gunungsitoli melakukan monitoring dan evaluasi kinerja Petugas Operasi Bendung (POB) dan Petugas Pintu Air (PPA) di wilayah koordinasi Daerah Irigasi (D.I) Ndra Humene, D.I Madawa, D.I Afia dan D.I Sinoto Bodalu di Gunungsitoli Idanoi, Jumat (10/06/2022).

Monitoring dan evaluasi tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas PUTR Ekuator Jaya Daeli, ST., M.M untuk memberikan arahan dan bimbingan secara langsung kepada petugas. Petugas Operasi Bendung dan Petugas Pintu Air merupakan ujung tombak dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) khususnya Bidang Sumber Daya Air dalam memanajemen ketersediaan air pada saluran irigasi sehingga produksi pertanian dapat lebih maksimal.

Adapun tugas dan tanggungjawab Petugas Operasi Bendung adalah melaksanakan pengurasan kantong lumpur, memberi minyak pelumas pada pintu-pintu air, melaksanakan pengecatan pintu dan rumah pintu secara periodik serta membersihkan semak belukar disekitar bendung. Sedangkan tugas dan tanggungjawab petugas pintu air adalah memberi minyak pelumas pada pintu air, melaksanakan pengecatan pintu dan rumah pintu secara periodik, dan membersihkan semak, sampah dan endapan lumpur pada saluran dan bangunan-bangunan bagi/sadap.

Adapun daerah irigasi Kota Gunungsitoli yakni. D.I Humene seluas 200 Ha dengan panjang jaringan primer, sekunder dan tersier adalah 10,2 km, D.I Madawa dengan luas 20 Ha dan panjang 1,8 km, D.I Afia dengan luas 189 Ha dan panjang irigasi 10,8 km, dan D.I Sinoto Bodalu dengan luas 68 Ha dan panjang jaringan 4 km. Monitoring dan Evaluasi ini juga menjadi motivasi tersendiri bagi para petugas di lapangan sehingga dapat meningkatkan hasil kerjanya dimasa yang akan datang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini