Gunungsitoli (30/03/2022) – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompida) Kota Gunungsitoli melaksanakan rapat koordinasi membahas sejumlah perkembangan terkait Kota Gunungsitoli diantaranya penanganan covid-19, pembenahan pasar, West Sumatera Yacht Rally 2022 & perayaan hari jadi ke- 344 Kota Gunungsitoli yang dilaksanakan di ruang rapat Walikota Gunungsitoli, Senin 28/03/2022 pukul 10.00 wib sampai selesai.

Rapat Forkopimda ini dihadiri oleh Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua, Dandim 0213/Nias, Kapolres Nias yang diwakili oleh Kabag Ops Polres Nias, Kajari Gunungsitoli, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Danlanal Nias, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, para Asisten, Kepala Badan Kesbangpol Kota Gunungsitoli dan OPD lainnya

Dalam paparan Walikota Gunungsitoli menjelaskan bahwa penyebaran covid-19 relatif terkendali, dan sementara waktu tidak ada penambahan kasus positif. Hal ini disebabkan antara lain penerapan protokol kesehatan telah dilakukan secara efektif serta tingginya capaian vaksinasi dosis I dan dosis II. Data capaian pertanggal 28 Maret 2022 adalah dosis I : 94,99%, dosis II : 77,91%, dosis III : 12,57%, “Jelasnya

Kemudian Walikota Gunungsitoli menerangkan masalah yang dihadapi adalah rendahnya capaian vaksinasi dosis III karena sebagian besar tidak lolos screening (memiliki penyakit penyerta) terutama kepada lansia yang hanya mencapai 8,32%. Pemberian vaksinasi dosis III masih belum memenuhi interval waktu, sebagai syarat teknis setelah pemberian vaksinasi dosis II. Dan masih minimnya kesadaran masyarakat (usia 18 tahun ke atas dalam mendapatkan vaksinasi dosis III (Booster), “Terangnya.

Ir. Lakhomizaro Zebua menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Gunungsitoli saat ini sedang berupaya menata kota dengan menambah ruang terbuka hijau yaitu dengan merelokasi 2 (dua) pasar, dimana Pasar Luaha dan Pasar Beringin direlokasi ke Pasar Soliga dan eks terminal. Dalam penerapannya tidak ada kendala bagi pedagang resmi karena sudah membayar restribusi, “Ujarnya

Disisi lain terjadi penolakan dari sebahagian Pedagang Kaki Lima (PKL) yang diwarnai dengan demonstrasi oleh para pedagang kaki lima (PKL) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Dengan komunikasi intensif dan pendekatan persuasif dan terukur secara berangsur-angsur para pedagang sudah mulai menempati lokasi penjualan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli dengan menyediakan 34 los dan kios kepada PKL yaitu 15 Los Pasar Nou dan 19 Kios Pasar eks Terminal, “Pungkas Walikota.

Selanjutnya, agenda lain bahwa pada tanggal 1 s.d 4 April 2022 Pemerintah Kota Gunungsitoli kedatangan tamu dalam rangka kegiatan West Sumatera Yacht Rally 2022 yang difasilitasi oleh Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi RI dengan Kementerian Pariwisata RI. Total unit kapal yang ikut dalam West Sumatera Yacht Rally 2022 adalah 20 unit kapal yang sudah memastikan hadir mengikuti beberapa agenda di beberapa lokasi. Oleh karena itu dibutuhkan dukungan dan koordinasi yang intensif antara Forkopimda dan stakeholder terkait administrasi pelabuhan/KSOP, Pelni dan Imigrasi karena pastisipan kegiatan ini adalah orang asing. Kita berharap rombongan kapal ini menjadi promosi pariwisata yang efektif untuk mengenalkan kota Gunungsitoli kepada dunia internasional, “Harapnya.

Dalam akhir paparannya mengatakan bahwa dengan ditetapkannya peraturan daerah Kota Gunungsitoli No. 2 tahun 2021 tentang Hari Jadi Kota Gunungsitoli yaitu menetapkan bahwa Kota Gunungsitoli terbentuk pada tanggal 6 April 1678. Selanjutnya mulai tahun ini Hari Jadi Kota Gunungsitoli diperingati setiap tanggal 6 April dan tahun ini Kota Gunungsitoli genap berusia 344 tahun, “Tutup Walikota.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini