Gunungsitoli (08/12/2021), Pemerintah Kota Gunungsitoli menerima kunjungan Tim Evaluasi Lomba Desa Pelaksana Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (UP2K-PKK) tingkat Provinsi Sumatera Utara. Pelaksanaan evaluasi untuk Desa Pelaksana PAAR dilaksanakan di Desa Dahana Tabaloho Kecamatan Gunungsitoli, sedangkan evaluasi untuk UP2K-PKK dilaksanakan di Desa Sihare’o I Tabalaho Kecamatan Gunungsitoli Selatan Kota Gunungsitoli, Selasa 07 Desember 2021.

Tim evaluasi dari Provinsi tersebut terdiri dari 3 (tiga) personil, yakni: Riza Vahlevi Lubis (Sekretaris TP. PKK Sumut) selaku Ketua Tim Evaluasi, Dra. Bida Sari Daulay, MPD selaku Ketua Pokja 2 TP-PKK Sumut, dan Siti Endah Maria S.Pd, MM., Kons. selaku Ketua Pokja 1 TP-PKK Sumut. Tim evaluasi dimaksud, paginya berkunjung di Desa Dahana Tabaloho Kecamatan Gunungsitoli, dan siang harinya berkunjung ke Desa Sihare’o I Tabalaho Kecamatan Gunungsitoli Selatan Kota Gunungsitoli. Di dua lokasi tersebut Tim evaluasi disambut dengan tari folaya, pengkalungan bunga serta tari sekapur sirih.

Ketua TP-PKK  Kota Gunungsitoli, Ny.Tini Lakhomizaro Zebua dalam sambutannya merasa sangat senang dan berbahagia atas kedatangan tim evaluasi terkait pelaksanaan verifikasi lapangan untuk lomba PAAR Desa Dahana Tabaloho Kecamatan Gunungsitoli dan UP2K PKK Desa Sihare’o I Tabalaho Kecamatan Gunungsitoli Selatan.

“Pada kesempatan ini, saya melaporkan bahwa pelaksanaan 10 program pokok PKK di 98 desa dan 3 kelurahan di 6 kecamatan sudah terlaksana. Namun, masih ada kelemahan dan juga keunggulan yang dapat dikembangkan dengan baik dan berkualitas demi terwujudnya 10 program pokok PKK sesuai dengan yang diharapkan. Tim PKK Kota Gunungsitoli sudah menerapkan pola pembinaan dengan melaksanakan supervisi, monitoring dan evaluasi di tingkat Kota Gunungsitoli, Kecamatan dan Desa dalam mengukur dan menata seluruh program yang telah direncanakan dan selanjutnya dilaksanakan. Kami sangat senang dan berterima kasih kepada Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara yang telah bersusah payah memberi masukan, dorongan, semangat dan berbagi informasi penting dalam memperbaiki laporan dan kelengkapan lainnya demi kesuksesan kegiatan ini,” ungkap Ny.Tini Lakhomizaro Zebua antusias.

Dalam sambutan Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara, yang dibacakan oleh Dra. Bida Sari Daulay, MPD menyampaikan selamat atas prestasi Desa Dahana Tabalaho dan Desa Sihare’o I Tabalaho sebagai nominator hasil monitoring yang ikut dalam bagian evaluasi PKK tingkat Provinsi tahun ini. “Kami sangat mengapresiasi atas kesiapan Kota Gunungsitoli dalam mengikuti dan mensukseskan kegiatan hari ini. Pertemuan ini merupakan sebuah keistimewaan dan kebanggaan karena mampu mencapai tahap evaluasi setelah bersaing ketat dan lolos masuk nominasi hasil monitoring yang telah terlaksana dengan baik dan ketat.

Penting untuk diperhatikan bahwa pada tahap evaluasi tahun ini hanya menentukan peringkat Juara I sampai III dan Harapan I sampai III untuk Kabupaten serta peringkat Juara I sampai III untuk Kota dari masing masing jenis lomba. Untuk itu, upayakan yang terbaik untuk menjadi yang terbaik, namun jangan jadikan kejuaraan sebagai akhir segalanya. Pengalaman yang diperoleh harus menjadi cambuk untuk tetap berbuat dan bergerak demi jayanya gerakan PKK terutama menjadi kader-kader PKK yang gemilang,” tutup Dra. Bida Sari Daulay, MPD mengakhiri sambutannya.

Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua dalam sambutannya merasa bangga karena Kota Gunungsitoli selalu terpilih dan selalu ditunjuk untuk bersaing dengan kota/kabupaten lainnya di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional. “Saya harap kepada TP-PKK Kota Gunungsitoli untuk bisa mensosialisasikan ke desa-desa lainnya agar tahun depan bisa mewakili kita di tingkat provinsi. Saya tetap berharap Kota Gunungsitoli menjadi salah satu yang bisa diunggulkan dan bisa menjadi juara di tingkat provinsi ataupun di tingkat nasional,” ujar Walikota.

Pelaksanaan evaluasi tersebut, berjalan dengan baik dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Tim melakukan evaluasi dengan cara observasi lapangan serta wawancara/ tanya jawab kepada personil kelompok di dua desa tersebut.

Foto Dokumentasi di Desa Dahana Tabaloho Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli:

Foto Dokumentasi di Desa Sihare’o I Tabalaho Kecamatan Gunungsitoli Selatan Kota Gunungsitoli:

(Press Release No. 296/PR-Diskominfo/2021 Tanggal 08 Desember 2021).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini