Gunungsitoli (17/10/2024), Sekretaris Daerah Drs. Oimonaha Waruwu menghadiri acara  Sosialisasi hasil pembinaan Desa Cinta Statistik Kota Gunungsitoli Tahun 2024 yang diadakan oleh BPS Kota Gunungsitoli bekerjasama dengan Kecamatan Gunungsitoli di Ruang Rapat III Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Kamis (17/10/2024).

Mengawali sambutannya Sekretaris Daerah Drs. Oimonaha Waruwu mengajak semua yang hadir untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkah dan kasihNya sehingga dapat bersama-sama mengikuti Sosialisasi hasil Pembinaan Desa Cinta Statistik Kota Gunungsitoli Tahun 2024.

Sebagaimana diketahui bersama data statistik memiliki peran yang sangat penting dalam penyusunan kebijakan dan pengambilan keputusan, baik ditingkat pusat maupun daerah. Dengan data yang akurat dan mutakhir, kita dapat merumuskan program-program pembangunan yang tepat sasaran dan menjawab kebutuhan masyarakat secara lebih baik. Oleh karena itu program Desa Cantik merupakan langkah strategis dalam memperkuat peran desa dalam menyediakan data yang valid dan berkualitas.

Kota Gunungsitoli memiliki potensi yang sangat besar diberbagai bidang, mulai dari pertanian, perikanan, hingga pariwisata. Potensi ini akan semakin jauh berkembang bila didukung data yang kuat sebagai dasar perencanaan pembangunan.

Melalui program Desa Cantik ini, “ saya harapkan setiap desa di Kota Gunungsitoli mampu mengolah data dengan lebih baik, akurat, dan berkelanjutan serta semakin mandiri dan mampu berkontribusi aktif dalam pembangunan daerah dan nasional, di kemudian mari kita jadikan Desa Cantik sebagai langkah awal menuju desa yang lebih maju, transparan, dan inovatif”, Ungkapnya

Program Desa cantik tidak hanya mendorong pengumpulan data, tetapi juga memperkuat kemampuan sumberdaya manusia di desa dalam memahami, menganalisis, dan memanfaatkan data untuk kepentingan pembangunan desa.

Sebagaimana yang diamanatkan dalam Satu Data Indonesia (SDI) yang menekankan  pentingnya integrasi data untuk mendukung perencanaan pembangunan berbasis bukti.

Pembinaan desa cinta statistik secara nasional telah dilaksanakan di seluruh kabupaten kota, dan kedepannya semua desa dan kelurahan akan dibina oleh BPS. Tahun ini yang mendapat kesempatan adalah Desa Lasara Bahili dan Desa Lolowonu Nikootano. Terkhusus kepada  para perangkat desa agar  berperan aktif dalam menyukseskan program ini.

Kerjasama dan sinergi antara pemerintah desa, Badan Pusat Statistik, dan masyarakat sangat diperlukan agar tujuan program desa cantik ini dapat tercapai dengan maksimal.

Hasil sosialisasi pembinaan Desa Cantik di Desa Lasara Bahili, dan Desa Lolowonu Nikootano diharapkan dapat ditularkan dan diterapkan ke seluruh desa dan kelurahan di Kota Gunungsitoli kedepannya.

Kepala BPS Kota Gunungsitoli Muhammad Ervin sugiar, SST. M.Si memaparkan bahwa melalui  Pembinaan Desa Cantik diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik di tingkat desa seperti pengumpulan data secara mandiri sesuai dengan kebutuhan desa.

Usai sambutan Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli dilanjutkan dengan penyerahan surat hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPPS) dan Penandatanganan Komitmen bersama serta foto bersama.

Turut hadir Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Para Camat, Kepala Desa, dan hadirin lainnya.

(Press Release No.239/PR-Diskominfo/2024 tanggal 17 Oktober 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini