Gunungsitoli (21/09/2024) Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) Ke-79 Tahun 2024 Kota Gunungsitoli berlangsung meriah. Berbagai kegiatan turut dihadirkan, mulai dari senam bersama, donor darah, pemeriksaan kesehatan hingga kuliner UMKM.

PMI merupakan aksi sosial, gerakan sosial yang sudah lama berjalan dan terus bekerja di tengah-tengah masyarakat dalam melaksanakan aksi sosial. Hal tersebut di sampaikan Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, S.E., M.Si juga selaku Ketua PMI Kota Gunungsitoli saat menyampaikan kata sambutan pada HUT PMI Ke-79 Tahun 2024 Kota Gunungsitoli di Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli, Sabtu (21/09/2024).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh organisasi-organisasi, seluruh lembaga-lembaga yang sudah bekerja sama dengan PMI selama ini yang terus melakukan kegiatan-kegiatan utamanya dalam melakukan aksi donor darah. Kami mengucapkan terima kasih kegiatan aksi donor darah di Kota Gunungsitoli masih terus dilaksanakan guna membantu para pasien-pasien yang membutuhkan transfusi darah,” ungkapnya.

Disampaikannya, bahwa kebutuhan darah di Kota Gunungsitoli sangat tinggi sekali dan tingkat kesadaran untuk mendonor juga masih relatif rendah. “Aksi-aksi ini terus kita lakukan dan bahkan kita akan terus melaksanakan kerja sama dengan lembaga-lembaga yang lain. Seperti pada hari ini, kita melakukan kerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Gunungsitoli yang selama ini melakukan pendampingan kepada pasien-pasien kanker. PMI Kota Gunungsitoli siap memberikan pendampingan dalam memberikan edukasi dan pencegahan penyakit kanker di wilayah Kota Gunungsitoli,” tambahnya.

Wali Kota memaparkan bahwa aksi sosial, termasuk di dalamnya kegiatan pencegahan dan mitigasi bencana juga terus dilakukan. “Seperti yang kita ketahui bersama bahwa akhir-akhir ini kita dihebohkan dengan siaran pers dari BMKG tentang Gempa Megathrust. Saya berharap untuk tidak panik dan tetap waspada, tentunya ini masih prediksi dan kita tidak tahu kapan akan terjadi,” pesannya.

Di akhir arahannya, Wali Kota juga memohon dukungan dari seluruh lembaga, Unit Donor Darah, Korps Sukarela, Palang Merah Remaja PMI untuk terus bekerja dalam kegiatan-kegiatan sosial yang sudah dan akan terus dilakukan ke depan. “Seluruh aksi-aksi sosial yang sudah kita lakukan selama ini, kiranya terus berjalan dan berkelanjutan. Kami ucapkan terima kasih atas seluruh kebersamaan serta dukungan yang telah diberikan kepada PMI Kota Gunungsitoli, mari terus berbuat yang terbaik untuk menolong sesama karena itu bagian dari kehidupan kita di dunia ini,” tutup Wali Kota mengakhiri sambutannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Mou antara Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Gunungsitoli dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Gunungsitoli; Pemberian apresiasi dan penghargaan kepada pendonor sukarela yang sudah mencapai 10 kali dan 25 kali; Pemberian apresiasi dan penghargaan kepada Mitra PMI yang telah berkontribusi dalam pengembangan PMI Kota Gunungsitoli dan Donor Darah Sukarela; Penyerahan secara simbolis bibit tanaman kepada perwakilan komunitas; Pemotongan Tumpeng dan Simulasi Gempa.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Imanuel Ziliwu, S.E, Pimpinan Instansi Vertikal Lingkup Kota Gunungsitoli, Kepala OPD Lingkup Pemko Gunungsitoli, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, Pemuda, Organisasi Agama di wilayah Kota Gunungsitoli, Korps Sukarela (KRS), Palang Merah Remaja PMI Kota Gunungsitoli dan hadirin lainnya.

(Press Release No.225/PR-Diskominfo/2024 tanggal 21 September 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini