Gunungsitoli (03/08/2024), Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT)ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kota Gunungsitoli mengadakan Gebyar Merdeka sekaligus membuka kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Gerakan Pramuka  oleh Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, S.E.,M.Si, bertempat di Lapangan Merdeka Gunungsitoli, Sabtu (03/08/2024).

Mengawali arahannya, Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, S.E.,M.Si  menyampaikan ucapan syukur atas terselenggaranya pembukaan kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-79 KEMRI  Tahun 2024 dan juga sekaligus pembukaan lomba pada rangkaian kegiatan HUT ke-63 Gerakan Pramuka Kota Gunungsitoli.

Tema HUT ke79 KEMRI tahun 2024 adalah “Nusantara Baru Indonesia Maju” yang menggambarkan batu loncatan besar di Indonesia karena mengalami 3 (tiga) transisi penting yaitu Menyongsong Ibukota Baru, Tahun Perpindahan Tongkat Estafet Kepemimpinan Presiden serta Menuju Indonesia Emas 2045. Untuk itu, dalam menyemarakkan HUT ke-79 KEMRI Lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, mulai hari ini akan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan yang diawali dengan pembagian 10 juta bendera merah putih dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan dalam beberapa hari ke depan.

“Saya berharap seluruh panitia terus memberikan yang terbaik, mempersiapkan dengan baik agar Gebyar Kemerdekaan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Gunungsitoli. Kita bangga, kita telah merdeka 79 tahun, kita jangan menyia-nyiakan perjuangan ini, kita harus isi dengan hal-hal yang baik, hal-hal yang bermanfaat dan berjiwa pancasila sehingga apa harapan para pejuang bangsa bisa kita wujudkan dalam perjuangan hidup berbangsa, bernegara pada saat ini. Mari terus berbuat, mari terus bermanfaat sehingga kita mempersiapkan yang terbaik untuk Kota Gunungsitoli ,” harapnya.

Wali Kota Gunungsitoli juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Gunungsitoli berharap kepada peserta lomba penjelajahan gerakan pramuka untuk menjalankan kegiatan guna mencintai alam, menambah wawasan tentang lingkungan tantangan yang menarik, karena penjelajahan mempunyai nilai tantangan sehingga jiwa adik-adik pramuka semakin dibentuk untuk mencintai alam.

“Dengan memohon rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, kegiatan perayaan HUT ke-79 KEMRI dan kegiatan HUT ke-63 Gerakan Pramuka Kota Gunungsitoli Tahun 2024 saya buka dengan resmi,” tutup Wali Kota mengakhiri arahannya.

Sebelumnya, Ketua Panitia HUT ke-79 KEMRI Kota Gunungsitoli Ir. Ampelius Nazara dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan gebyar merdeka dalam rangka menyambut HUT ke-79 KEMRI adalah sebagai wujud rasa cinta pada tanah air, bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

Tujuan kegiatan gebyar merdeka adalah dalam rangka mewujudkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dalam memaknai arti pentingnya kemerdekaan yang telah susah payah diraih dengan nyawa, darah dan air mata oleh para pejuang kemerdekaan dalam merebut dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari belenggu penjajahan dan juga untuk meningkatkan rasa patriotisme sebagai wujud rasa cinta pada tanah air, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta sebagai ajang promosi BUMN dan UMKM Mitra Binaan BUMN, pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat Kota Gunungsitoli.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian bendera merah putih kepada pengguna jalan raya sebagai dukungan Gerakan Nasional pembagian 10 juta bendera merah putih dalam rangka HUT Ke-79 KEMRI, pelepasan peserta lomba penjelajah gerakan pramuka dan pelaksanaan lomba Marching Band tingkat SMP/SMA Sederajat.

Berikut hasil kejuaraan lomba Marching Band tingkat SMP/SMA Sederajat, yaitu : Juara I SMA Negeri 3 Kota Gunungsitoli; Juara II SMA Negeri 1 Kota Gunungsitoli; Juara III Perguruan Pembda Kota Gunungsitoli dan Juara Harapan I SMK Negeri 1 Kota Gunungsitoli.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Ketua Pengadilan Negeri Kota Gunungsitoli, mewakili Dandim 0213 Nias, mewakili Kapolres Nias, mewakili Danlanal, mewakili Kejari Kota Gunungsitoli, Instansi Vertikal BUMN/BUMD, Ketua KPU Kota Gunungsitoli, para Asisten Setda Kota Gunungsitoli, seluruh Kepala OPD Lingkup Kota Gunungsitoli, Camat se-Kota Gunungsitoli, Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Gunungsitoli, Peserta Lomba dan hadirin lainnya.

(Press Release No.177/PR-Diskominfo/2024 tanggal 03 Agustus 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini