valuasi Desa Binaan oleh TP. PKK Provinsi Sumatera Utara

Gunungsitoli (13/08/2024), Pemerintah Kota Gunungsitoli menyambut baik kedatangan Tim Evaluasi dari TP. PKK Provinsi Sumatera Utara dalam Rangka Penilaian Kecamatan dan Desa Binaan, Senin (12/08/2024).

Mewakili Wali Kota Gunungsitoli Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P5A) Kota Gunungsitoli Wilser Juliardi Napitupulu, S.Si.,Apt.,MPH membacakan sambutan Wali Kota Gunungsitoli pada kegiatan evaluasi kecamatan/desa binaan.

Mengawali sambutan ini, perkenankanlah kami mengajak kita semua untuk menaikkan Puji dan Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas Kasih Karunianya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka pelaksanaan evaluasi desa binaan TP.PKK Kota Gunungsitoli Tahun 2024 oleh TP.PKK Provinsi Sumatera Utara beserta OPD terkait. Suatu kebahagiaan dan kebanggaan bagi kami, pada tahun ini Kota Gunungsitoli menjadi nominator desa yang dievaluasi pada kegiatan 10 Program PKK yang dibina 1 (satu) kecamatan dan 3 (tiga) desa, yaitu:

1. Desa Gawu-Gawu Bouso Kec. Gunungsitoli Utara dengan Kategori Tertib Administrasi PKK;

2. Desa Onozitoli Siforoasi Kec. Gunungsitoli dengan Kategori Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR)

3. Desa Loloana’a Lolomoyo Kec. Gunungsitoli Utara Kategori Aku Hatinya PKK

4. Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa Kategori IVA Test.

Yang akan bertanding dengan beberapa kota lainnya di Propinsi Sumatera Utara.

Evaluasi adalah suatu proses untuk menyediakan informasi tentang sejauh mana suatu kegiatan tertentu telah dicapai, bagaimana perbedaan untuk mengetahui apakah ada selisih diantara keduanya, serta bagaimana manfaatnya. Pelaksanaan evaluasi hari ini merupakan wujud hasil dari kegiatan monitoring yang dilaksanakan pada bulan Juni yang lalu.

“saya berharap evaluasi ini sudah sesuai dengan indikator yang ada, sehingga target-target yang sudah diterapkan dapat dipenuhi oleh kecamatan/desa lomba. Apa pun hasil evaluasi nantinya, kita harapkan kota Gunungsitoli menjadi yang terbaik”.

Pada saat ini, tim evaluasi TP. PKK Provinsi Sumatera Utara telah hadir ditengah-tengah kita, kepada kecamatan/desa binaan, kami berharap agar menyajikan hasil yang maksimal, jangan sampai jerih lelah dan perjuangan beberapa waktu ini sia-sia, serta bukan hanya sampai dihadapkan pada evaluasi ini, tetapi dapat berkesinambungan sehingga masyarakat Kota Gunungsitoli semakin bertumbuh.

Saya juga berterimakasih kepada OPD terkait, Camat dan Kepala Desa yang sudah sepenuhnya mendukung kegiatan TP. PKK di masing masing kecamatan/desa binaan.

Kiranya gerakan PKK di semua jenjang akan lebih profesional menuju Kota Gunungsitoli Hebat.

Dalam sambutannya, ibu Ketua TP.PKK Kota Gunungsitoli Ny. Veni Sowa’a Laoli menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Evaluasi dan sekaligus menyatakan rasa senang dan bahagia karena desa binaan TP.PKK Kota Gunungsitoli masuk nominasi untuk dievaluasi oleh tim terkait pelaksanaan 10 (sepuluh) program PKK di Wilayah Kota Gunungsitoli.

Pelaksanaan 10 (sepuluh) Program Pokok PKK di 98 (Sembilan puluh delapan) desa dan kelurahan, 6 (enam) kecamatan sudah terlaksana dengan baik. TP. PKK Kota Gunungsitoli telah menerapkan pola pembinaan dengan rentang kendali 6 (enam) 9 (Sembilan) 12 (dua belas) dalam melaksanakan supervisi, monitoring dan evaluasi di tingkat kota, kecamatan dan desa, serta mengukur dan menata seluruh program yang direncanakan dan selanjutnya dilaksanakan. Pelaksanaan evaluasi di tahun 2024 dilaksanakan secara serentak di 4 (empat) lokus kategori lomba, yakni Lomba Tertib Admnistrasi PKK di Desa Gawu-Gawu Bouso Kec.Gunungsitoli Utara, Lomba PAAR di Desa Onozitoli Siforoasi Kec.Gunungsitoli, Lomba Aku Hatinya PKK di Desa Loloanaa Lolomoyo Kec.Gunungsitoli Utara dan Lomba IVA Test Kec. Gunungsitoli Alo’oa.

“Semangat PKK Kota Gunungsitoli mengikuti sekaligus 4 kategori lomba dilatarbelakangi oleh semangat kader PKK dalam mengimplementasi 10 (sepuluh) Program Pokok PKK yang sudah disosialisasikan melalui kegiatan pembinaan baik dari kota, kecamatan dan desa serta bersama-sama dengan OPD terkait dengan metode rentang kendali 6 (enam) 9 (Sembilan) 12 (dua belas) dengan 1 (satu) tujuan mengukur dan menerapkan seluruh program yang telah diimplementasikan secara bersama yaitu benar maksudnya dan benar tujuannya sesuai ketentuan Rakernas IX PKK Tahun 2021, tutur Veni.

“Kami sudah berusaha maksimal, dengan berbagai kreasi dan inovasi sesuai indikator penilaian. Besar harapan kami bahwa penilaian tim terhadap yang kami lakukan adalah yang terbaik diantara yang baik,”harap Veni mengakhiri sambutannya.

Turut hadir Kepada OPD se-Kota Gunungsitoli, Camat, TP.PKK Kota Gunungsitoli, TP.PKK Kecamatan, TP.PKK Desa, Kepala Desa, Ketua BPD, LPM, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Forum Anak, dan hadirin lainnya.

(Press Release No.185/PR-Diskominfo/2024 tanggal 13 Agustus 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini