Gunungsitoli (27/08/2024) Sebuah hasil pencapaian besar dan luar biasa bagi Kota Gunungsitoli, dimana perwakilan Kota Gunungsitoli yakni Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “ SOWUA “ Desa Tetehosi I Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, berhasil terpilih menjadi Juara Terbaik II dalam lomba BUMDes terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024, Selasa (17/08/2024).

Hasil perlombaan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.44/440/KPTS/2024 tanggal 06 Agustus 2024 tentang Badan Usaha Milik Desa Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024 melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kependudukan Catatan Sipil Provinsi Sumatera Utara.

Sebelumnya, pada Bulan Juni 2024 telah diadakan seleksi penilaian BUMDes kepada 23 kabupaten/kota se-Provinsi Sumatera Utara, dan sesuai dengan hasil penilaian dari Tim penilai ditetapkan 12 nominasi BUMDes Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara, salah satunya BUMDes “ SOWUA“ Desa Tetehosi I Kecamatan Gunungsitoli Idanoi sebagai perwakilan Kota Gunungsitoli. Pada Tanggal 9 Juli 2024 dilaksanakan kembali penilaian kepada 12 nominasi terbaik di kantor Dinas PMD dan Dukcapil Provsu dengan hasil perolehan BUMDes “SOWUA “ Desa Tetehosi I Kec. Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli meraih Juara Terbaik II.

Puncak acara dari lomba BUMDes Terbaik ditandai dengan pemberian secara simbolis Penghargaan kepada BUMDes Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024 oleh Pj. Gubernur Sumatera Utara pada acara Penurunan Bendera Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Lapangan Astaka Disporasu Jalan William Iskandar Nomor 09 Medan, Sabtu 17 Agustus 2024.

Penghargaan terhadap BUMDes “ SOWUA “ Desa Tetehosi I Kec. Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli, diterima oleh Direktur BUMDes “ SOWUA “ Desa Tetehosi I ( Faevman Gea, A.Ma.Pd ), didampingi oleh Pj. Kepala Desa Tetehosi I ( Elberta Zebua, S.E). Adapun penghargaan yang diterima berupa Piala,Sertifikat dan Uang Pembinaan sebesar Rp.40.000.000 (empat puluh juta rupiah)

Wali Kota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli, S.E.,M.Si memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pencapaian yang diperoleh oleh BUMDes “ SOWUA “.

“Saya bangga kepada BUMDES “SOWUA” atas capaian yang diraih. Teruslah kembangkan BUMDes

dengan memajukan usaha perekonomian kerakyatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa. Dinas PMD Kota Gunungsitoli lanjutkan pembinaan BUMDes lainnya yang ada di Kota Gunungsitoli agar lebih semangat dan BUMDes “SOWUA” menjadi contoh bagi BUMDes lainnya untuk berperan aktif mengembangkan BUMDes di desa dalam memajukan perekonomian masyarakat desa,” tutur Wali Kota pada saat pengurus BUMDes “SOWUA”, Pj.Kades Tetehosi I dan Dinas PMD (kabid PMD) melakukan audensi di Rumah Dinas Wali Kota Gunungsitoli.

Camat Gunungsitoli Idanoi, Dinas PMD Kota Gunungsitoli turut bangga dengan capaian BUMDes “ SOWUA “ yang baru berdiri pada Bulan November 2019.

(Press Release No.199/PR-Diskominfo/2024 tanggal 27 Agustus 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini