Gunungsitoli, (19/07/2024) Bunda PAUD Kota Gunungsitoli Ny.Veny Sowa’a Laoli melaksanakan kunjungan ke Satuan Pendidikan Dasar sebagai bentuk dukungannya terhadap Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, bertempat di UPTD SD Negeri 070989 Hilinaa Kecamatan Gunungsitoli, Jumat (19/07/2024).

Diawal arahannya, Bunda PAUD Kota Gunungsitoli mengajak semua hadirin mengucapkan Syukur kepada Tuhan atas penyertaanNya sehingga dapat berkumpul di sekolah yang dicintai ini. Sebelum melanjutkan arahannya, Bunda Paud menyapa hadirin serta seluruh peserta didik dan mengajak berdialog seputar kesan yang dialami sejak pertama masuk sekolah atau selama MPLS berlangsung. Dialog interaktif disambut meriah oleh peserta didik terlebih yang baru masuk ke jenjang sekolah dasar. “Saya sangat senang melihat keceriaan anak-anak, tidak terlihat rasa takut sama sekali, wajah-wajah generasi penerus yang sukses terlihat dari ekspresi mereka. Hal Ini menandakan bahwa lingkungan sekolah telah menciptakan atmosfir positif yang menyenangkan peserta didik. Tentunya juga dengan lingkungan sekolah yang nyaman dan aman membuat hati orang tua tenang dan senang.” tutur Bunda Paud penuh semangat.

Masa transisi bukanlah masa yang mudah dilalui oleh bagi peserta didik baru, karena terdapat berbagai perbedaan tuntutan bagi anak yang belajar di satuan PAUD dengan Sekolah Dasar (SD). Regulasi dan tata kelola di SD jauh berbeda dengan di PAUD, sehingga anak dituntut untuk dapat melakukan berbagai penyesuaian secara cepat dan tepat yang kemudian justru memunculkan tekanan bagi anak. Hal ini tidak akan terjadi jika masa transisi dilakukan dengan pola serta kegiatan yang menyenangkan dan membuat siswa PAUD merasa aman, nyaman dan bahagia di satuan pendidikan. Lingkungan belajar harus dibangun kondusif untuk mendukung penguatan transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Ekosistem pendidikan jadi jembatan yang layak agar peserta didik dapat aman dan nyaman berjalan hingga mencapai kesiapannya bersekolah. Dua minggu pertama sekolah merupakan gerbang pertama peserta didik pada fase transisi PAUD ke SD memasuki pendidikan sekolah dasar.

Pada tahun ajaran baru ini terdapat visi yang ingin dicapai oleh Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan yakni: Proses belajar di PAUD dan SD kelas awal yang berkesinambungan dan efektif dalam membangun kemampuan fondasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, terdapat tiga target perubahan yang perlu dimiliki bersama, yaitu pertama Satuan Pendidikan perlu menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru di SD, kedua menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama 2 (dua) minggu pertama, ketiga menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak. 6 (enam) kemampuan fondasi anak itu yakni; mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan sekolah, kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan.

Bapak/Ibu orang tua siswa, “dengan telah menyekolahkan anak di UPTD SD Negeri 070989 Hilinaa tentunya sebuah kewajiban mendukung setiap program pemerintah dalam memberhasilkan tujuan pendidikan nasional. Saat ini dengan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan Bapak/Ibu orang tua tidak perlu cemas atau khawatir. Tadi bersama-sama kita sudah melihat bagaimana anak-anak begitu bersemangat, terlihat bahwa mereka telah menyatu dengan keadaan lingkungan sekolah dan nyaman bersama tenaga pendidik dan kependidikan. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) telah menuai hasil, hal ini terlihat dari sikap peserta didik yang proaktif. Ini sebuah keberhasilan pihak sekolah dibawah kepemimpinan kepala sekolah. Melihat keadaan ini “saya yakin dan percaya bahwa seluruh tenaga pendidik di UPTD SD Negeri 070989 Hilinaa Kecamatan Gunungsitoli telah mengikuti pelatihan dan sudah terampil dalam menerapkan metode Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.” Ucap Bunda Paud.

Mengakhiri arahannya Bunda PAUD menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari seluruh tenaga pendidik dan kependidikan, orang tua siswa, komite sekolah terlebih-lebih keceriaan dari peserta didik. “Saya berharap kita secara bersama-sama mendukung program pemerintah baik dari pusat terlebih program dari pemerintah Kota Gunungsitoli demi terwujudnya cita cita Generasi Emas anak-anak terbaik dari Kota Gunungsitoli yang kita cintai ini.” pungkas Ny.Veni Sowa’a Laoli.

Dalam laporannya, kepala sekolah Bapak Idrianus Telaumbanua, S.Pd. menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan perdana Bunda PAUD Kota Gunungsitoli dan rombongan, “ini sebuah kehormatan dan kebanggaan buat kami terlebih karena dari antara 36 (tiga puluh enam) sekolah dasar di lingkungan kecamatan Gunungsitoli, UPTD SD Negeri 070989 Hilinaa terpilih sebagai salah satu lokasi kunjungan Bunda PAUD Kota Gunungsitoli.”ucap Idrianus.

Melalui laporannya, kepala sekolah menyampaikan bahwa gedung UPTD SD Negeri 070989 Hilinaa berdiri tahun 1970, tahun 2008 Negara Itali membangun beberapa unit ruangan dengan ciri khas gedungnya yang unik dan cukup menarik (seperti terlihat). Keadaan guru hingga saat ini terdiri dari PNS 7 (tujuh) orang, P3K 1 (satu) orang, GTT 4 (empat) orang, PTT 1 (satu) orang. Keadaan peserta didik 98 (Sembilan puluh delapan) orang. Peserta didik baru 20 (dua puluh) orang, 8 (delapan) laki-laki, 12 (dua belas) perempuan. Dalam perkembangan 3 (tiga) tahun terakhir terdapat peningkatan secara signifikan jumlah peserta didik yang mendaftar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan selama MPLS terlaksana dengan baik, dimana wali kelas melaksanakan pengenalan lingkungan sekolah, bapak/ibu guru melakukan perkenalan diri di kelas I, dan wali kelas I menyampaikan materi pelajaran dalam bentuk permainan yang sifatnya menyenangkan siswa.

Perwakilan orang tua dalam hal ini komite sekolah Bapak Tuhoni Zebua (Ketua Komite) dan Kasi Pemerintahan Daniel Trisman Zebua dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Bunda PAUD Kota Gunungsitoli serta menitipkan pesan agar UPTD SD Negeri 070989 Hilinaa Kecamatan Gunungsitoli tetap mendapat perhatian dari pemerintah Kota Gunungsitoli.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli, Ibu Ketua DWP Kota Gunungsitoli, Aparat Desa Hilinaa, Komite Sekolah, Orang tua siswa, Tim dari Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli.

(Press Release No.161/PR-Diskominfo/2024 tanggal 19 Juli 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini