Gunungsitoli (19/07/2024), Kota Gunungsitoli kembali diramaikan oleh Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Kota Gunungsitoli Tahun 2024 yang bertajuk “Lestari Budaya Kota Gunungsitoli”. Wali Kota Gunungsitoli dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs. Oimonaha Waruwu membuka secara resmi Pekan Kebudayaan Daerah Kota Gunungsitoli yang dikemas dalam bentuk Festival dan Lomba Maena Serta Atraksi Budaya Lainnya, bertempat di Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli, Jumat (19/07/2024).

Dalam arahan Wali Kota yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa berbicara tentang budaya Nias di Kota Gunungsitoli, tentunya begitu ada banyak budaya yang merupakan warisan para leluhur yang masih dijalankan dan pertahankan hingga saat ini. Hal tersebut tentu menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam melestarikan dan mempertahankan warisan budaya ini.

“Kita tidak menginginkan budaya kita hilang dan tergerus oleh kemajuan zaman sehingga tidak dapat mewarisi hal yang baik kepada anak dan cucu-cucu kita. Oleh karena itu, saya memberi apresiasi kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli yang tetap konsisten melaksanakan kegiatan budaya sebagai upaya melestarikan nilai-nilai budaya Nias di Kota Gunungsitoli,” ujar Sekda

Lanjutnya, Sekda mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan budaya sebagai marwah dari setiap perilaku kehidupan khususnya bagi diri masyarakat Kota Gunungsitoli kapan dan di mana pun berada, dengan demikian PKD ini bukan hanya menjadi sebuah kebanggaan bagi kita maupun sebagai aktualisasi budaya dalam sebuah pertunjukan, tetapi lebih melambangkan bahwa Kota Gunungsitoli adalah tempat yang aman, nyaman dan sejahtera bagi semua orang.

“Saya berharap pelaksanaan kegiatan ini dapat menggugah kita semua untuk lebih intens dalam pelestarian kebudayaan khususnya budaya Nias di Kota Gunungsitoli. Kepada seluruh peserta, saya ucapkan selamat berlomba dan berikan performance yang terbaik dan kepada tim juri kiranya menilai secara objektif sesuai dengan kriteria penilaian yang telah ditentukan,” tutup Sekda mengakhiri.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kebudayaan Atofao Telaumbanua, S.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan PKD akan berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 19 Juli s.d 20 juli 2024 bertempat di Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli. Adapun kategori kepesertaan yaitu Kategori Umum (Kecamatan) dan Kategori Pelajar tingkat SMA sederajat dan Mahasiswa.

Kegiatan PKD Kota Gunungsitoli juga diisi dengan atraksi dari komunitas sanggar dan stand UMKM dari Dinas Perindustrian dan Koperasi Usaha Kecil Menengah Kota Gunungsitoli.

Turut hadir Kejari Kota Gunungsitoli, mewakili Kapolres Nias, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemko Gunungsitoli, Ketua TP-PKK Kota Gunungsitoli, Ketua DWP Kota Gunungsitoli, Camat Gunungsitoli, Pimpinan Lembaga Budaya Nias, Tokoh Masyarakat, Tokoh Budaya dan Tokoh Adat serta hadirin lainnya.

(Press Release No.162/PR-Diskominfo/2024 tanggal 19 Juli 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini