Gunungsitoli, (20/07/2024), Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, S.E.,M.Si bersama Robert Sitorus Tim dari Kementerian Sosial dhi.UPT Sentra Insyaf Medan menyerahkan bantuan Asistensi Sosial (Atensi) kepada 38 (tiga puluh delapan) Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), yang dilaksanakan di halaman kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jum’at (20/07/2024).

Mengawali arahannya, Wali Kota Gunungsitoli menyampaikan bahwa sangat menyambut baik kegiatan ini, “Saya sengaja mengupayakan dapat hadir pada kegiatan yang sangat bermanfaat ini secara khusus kepada penyandang disabilitas dan masyarakat Kota Gunungsitoli secara umum.” Tutur Sowa’a dengan sukacita.

Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Sosial sebagai perangkat daerah yang menangani urusan-urusan kesejahteraan sosial terus berusaha melakukan upaya intervensi dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial yang ada di Kota Gunungsitoli melalui Aksesibilitas Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) yang merupakan program unggulan Kementerian Sosial RI berupa pemberian bantuan sosial kepada PPKS yang memenuhi syarat.

Aksesibilitas yang dilakukan pemerintah Kota Gunungsitioli melalui Dinas Sosial terhadap program Atensi yakni melalui kegiatan Asesmen Terintegrasi (ASTER) dan respon kasus kepada PPKS. Asesmen terintegrasi (ASTER) dan respon kasus yang dilakukan memfokuskan kepada Penyandang Disabilitas dan Anak Dengan Kedisabilitasan (ADK). Proses ini menekankan pada prinsip non diskriminasi sehingga memenuhi syarat dan diusulkan untuk menerima bantuan sosial sehingga terjaring 38 orang PPKS yang tersebar pada 6 kecamatan di wilayah Kota Gunungsitoli dan memperoleh bantuan sosial berupa sembako, kursi roda dewasa, kursi roda anak, tongkat netra dan tongkat ketiak.

“Saya berharap kepada bapak/ibu PPKS dan keluarga PPKS penerima bantuan sosial agar benar-benar memanfaatkan bantuan yang telah diberikan sebaik-baiknya. Bantuan ini diharapkan meringankan beban Bapak/ibu dan dapat membantu meningkatkan keberfungsian sosial secara optimal. Kepada Kementerian Sosial RI dhi. Sentra insyaf medan, Pemerintah Kota Gunungsitoli mengucapkan terimakasih atas pemberian bantuan sosial kepada PPKS khusus Penyandang Disabilitas dan Anak Dengan Kedisabilitasan (ADK) serta berharap kedepannya PPKS lain khususnya Fakir Miskin dan Lansia Terlantar yang juga mengalami peningkatan secara kuantitatif dan kualitatif di Kota Gunungsitoli mendapat perhatian dari Kementerian Sosial RI. Terima kasih juga kepada Dinas Sosial yang telah melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik dan saya berharap agar terus meningkatkan sinergitas dan pelayanan yang optimal kepada masyarakat demi mewujudkan Kota Gunungsitoli yang hebat.” pungkas Sowa’a mengakhiri.

Mewakili Kementerian Sosial RI dhi. UPT Sentra Insyaf Medan Robert Sitorus menyampaikan bahwa Penyaluran Bantuan Atensi dari Kementerian Sosial merupakan wujud kerja sama Pemerintah Kota Gunungsitoli dengan Kementerian Sosial RI dimana sebelumnya pada tahun 2023 telah dilaksanakan kegiatan asesmen terintegrasi di Kota Gunungsitoli. Bantuan ini bertujuan untuk memberikan kebutuhan dasar bagi penyandang disabilitas dan juga membantu penyandang disabilitas untuk melakukan aktifitas sehingga mereka bisa berdaya. Ditambahkannya, bagi Penyandang Disabilitas yang sudah ada embrio usaha dapat diajukan untuk mendapat bantuan kewirausahaan.

Adapun penerima bantuan Asistensi Sosial (Atensi) berjumlah 38 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) khusus Penyandang Disabilitas dan Anak Dengan Kedisabilitasan (ADK) dengan rincian bantuan; 1). Sembako 18 (delapan belas), 2). Kursi Roda Dewasa 13 (tiga belas), 3). Kursi Roda Anak 4 (empat), 4). Tongkat Netra 2 (dua), 5). Tongkat Ketiak 2 (dua).

Turut Hadir, Kepala Dinas Sosial Kota Gunungsitoli beserta seluruh jajarannya, Tim dari Kementerian Sosial dhi. UPT Sentra Insyaf Medan Bapak/ibu Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), hadirin lainnya.

(Press Release No.163/PR-Diskominfo/2024 tanggal 20 Juli 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini