Gunungsitoli (24/7/2024), Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kota Gunungsitoli melaksanakan kegiatan Konvergensi Pencegahan Stunting melalui pelatihan bagi Kader Pembangunan Manusia (KPM) se-Kota Gunungsitoli dalam melakukan pendataan sasaran rumah tangga 1000 (seribu) HPK (Hari Pertama Kelahiran), pemantauan 5 paket layanan pencegahan stunting di Desa dan penerapan aplikasi Human Development Worker (eHDW), bertempat di Ruang Rapat Lt. II Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Rabu (24/7/2024).

Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Drs. Oimonaha Waruwu yang membuka secara resmi pelatihan ini dalam arahannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya pelatihan hari ini adalah sebagai upaya pembinaan terhadap Kader Pembangunan Manusia yaitu memastikan mobilisasi KPM dalam berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam rangka aksi integrasi pencegahan dan penurunan stunting di desa dan sebagai upaya peningkatan kapasitas dan kualitas KPM dalam melaksanakan tugasnya yaitu memfasilitasi pelaksanaan integrasi pencegahan dan penurunan stunting di tingkat desa.

Sambungnya, persoalan stunting telah menjadi agenda Pembangunan Nasional dan Kota Gunungsitoli menjadi salah satu kota prioritas dari 100 Kabupaten/ Kota di Indonesia.  Stunting tidak hanya mengenai pertumbuhan anak yang terhambat, namun juga berkaitan dengan perkembangan otak yang kurang maksimal. Hal ini menyebabkan kemampuan mental dan belajar yang dibawah rata-rata, dan bisa berakibat pada prestasi sekolah yang buruk.

“Sesuai dengan strategi nasional dalam penanganan stunting, telah diterapkan 5 pilar pencegahan stunting, antara lain : Komitmen dan Visi kepemimpinan, Kampanye nasional dan Komunikasi perubahan perilaku, Konvergensi, Koordinasi, dan Konsolidasi program pusat, daerah dan desa, Ketahanan pangan dan gizi dan Pemantauan dan evaluasi,” pungkasnya mengakhiri.

Adapun narasumber pada pelatihan ini adalah:

  1. Pj. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Gunungsitoli Mario Otomosi Zebua, SH., M.Si
  2. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P5A) Kota Gunungsitoli Wilser Juliadi Napitupulu, S.Si., Apt, MPH
  3. Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli Yurniwati Harefa, SKM
  4. Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kota Gunungsitoli, Koordinator Kota a.n. Masariang Bu’ulolo, SE sebagai PIC eHDW.

Hadir, Admin/operator eHDW tingkat Kecamatan, Admin/operator eHDW tingkat Desa yang berasal dari unsur perangkat desa yang membidangi kegiatan Konvergensi Pencegahan Stunting di Desa, Kader Pembangunan Manusia (KPM) se-Kota Gunungsitoli yang ditugaskan sebagai Admin/operator eHDW, dan hadirin lainnya.

(Press Release No.169/PR-Diskominfo/2024 tanggal 24 Juli 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini