Gunungsitoli (31/07/2024) Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, S.E.,M.Si melakukan Kunjungan kerja (Kunker) terakhir ke beberapa desa di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi. Kunjungan ini bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat, melihat secara langsung keadaan masyarakat dan juga untuk mengetahui sudah sejauh mana program-program yang digulirkan pemerintah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, Selasa (30/07/2024).

Di lokasi pertama, Wali Kota Gunungsitoli didampingi oleh Ketua TP.PKK Kota Gunungsitoli, para Asisten Sekda, Kepala Bagian Lingkup Setda dan Kepala OPD mengunjungi sekaligus memimpin Apel pagi di UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli Idanoi yang beralamat di Desa Tetehosi I dan peninjauan sarana dan prasarana kesehatan.

Di lokasi kedua, peninjauan SDN 074054 Idanotae. Pada kunjungan tersebut, Ketua TP.PKK Kota Gunungsitoli dan Ketua DWP Kota Gunungsitoli mengapresiasi siswa-siswi berprestasi, dengan menyerahkan beberapa hadiah kepada siswa-siswi di SDN 074054 Idanotae.  Seterusnya, meninjau dan melihat secara langsung keadaan pasar tradisional Fowa. Pada kesempatan itu, Wali Kota berkeliling dan berbincang langsung dengan masyarakat utamanya mendengarkan langsung aspirasi para pedagang serta berharap kepada para pedagang dan masyarakat yang berbelanja untuk menjaga kebersihan dan ketertiban selama di area pekan. Ketua TP.PKK Kota Gunungsitoli yang turut ikut dan berbelanja juga mendengarkan berbagai aspirasi dari para pedagang.

Setelah mengunjungi pasar tradisional Fowa, Wali Kota Gunungsitoli didampingi Sekretaris Daerah, Camat dan Forkopimcam melaksanakan Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Kecamatan Gunungsitoli Idanoi. Dalam lawatannya, Wali Kota menyampaikan bahwa agenda Kunker yang dilaksanakan meliputi peninjauan pelayanan dan prasarana pada bidang pendidikan dan kesehatan, kunjungan kepada keluarga stunting, pemantauan pengembangan potensi lokal pada sektor perdagangan serta pelayanan administrasi kependudukan, perizinan dan pendampingan mendapatkan NIB (Nomor Induk Berusaha) dan akun Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) secara langsung kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Gunungsitoli Idanoi.

“Kita menyadari sepenuhnya bahwa berbagai upaya yang sudah dilakukan sesungguhnya masih jauh dari harapan kita semua. Namun demikian, kita berkeyakinan bahwa arah dan landasan pembangunan yang sudah diletakkan mampu kita lanjutkan bersama dalam mewujudkan gunungsitoli yang lebih baik serta peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Gunungsitoli,” ungkap Wali Kota.

Lebih lanjut, Wali Kota juga menyampaikan tema pembangunan tahun 2025 diarahkan pada penguatan ekonomi masyarakat melalui pembangunan infrastruktur strategis dalam meningkatkan daya saing daerah. Adapun yang menjadi isu strategis pada tahun 2025 adalah pengendalian inflasi daerah melalui peningkatan produktivitas sektor pertanian dan perikanan, penanganan isu global terkait pangan dan energi, optimalisasi pemenuhan SPM pendidikan dan kesehatan, peningkatan infrastruktur wilayah yang memadai utamanya yang menuju sentra-sentra produksi dan pelayanan publik, percepatan penanganan stunting dan kemiskinan serta pelaksanaan pemilihan kepala desa di Kota Gunungsitoli.

“Kami berkeyakinan bahwa mewujudkan Kota Gunungsitoli yang semakin baik dari waktu ke waktu bukanlah merupakan suatu keniscayaan, karena sesuatu yang dapat dibayangkan pasti dapat diraih dan sesuatu yang bisa diimpikan pasti dapat diwujudkan. Siap mengabdi untuk rakyat merupakan semangat juang bersama sebagaimana telah terbukti mampu mengurai berbagai persoalan yang kita hadapi bersama. Kita tidak perlu hebat untuk memulai, tapi kita harus memulai untuk menjadi hebat,” harap Wali Kota sekaligus mengakhiri arahannya.

Di akhir lawatan tersebut, Wali Kota turut menyerahkan Asuransi Nelayan serta memberikan bantuan Rumah Ikan kepada Desa Humene dan Desa Fowa melalui Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli. Kegiatan Kunker dilanjutkan di lokasi terakhir, yaitu UPTD Puskesmas Idanoi Tolamaera. Di kunjungan tersebut, sekaligus launching Pelayanan Rawat Inap Puskesmas Idanoi Tolamaera Kecamatan Gunungsitoli Idanoi dan UPTD Puskesmas Kauko Kecamatan Gunungsitoli yang ditandai dengan pemukulan gong dan Pembukaan selubung papan merek Puskesmas. Tidak hanya itu, Wali Kota juga menyerahkan 1 (satu) unit Mobil Ambulance kepada Kepala UPTD Puskesmas Idanoi Tolamaera didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli.

Kegiatan Kunker juga dirangkaikan dengan menyambangi keluarga beresiko stunting dan keluarga memiliki balita stunting di beberapa desa di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi. Pada kesempatan itu, Wali Kota bersama dengan Ketua TP.PKK menyempatkan diri untuk masuk ke rumah yang ditempati keluarga mengalami stunting, dan berinteraksi sekaligus memeriksa kesehatan balita tersebut. Tidak hanya sekedar berkunjung saja, namun juga memberikan bantuan berupa susu dan sembako yang di fasilitasi oleh Dinas Kesehatan, DP5A dan BPBD Kota Gunungsitoli.

(Press Release No.172/PR-Diskominfo/2024 tanggal 31 Juli 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini