Gunungsitoli (11/7/2024), Wali Kota Gunungsitoli yang diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Folata Mendrofa, S.Pd.SD menghadiri acara Pemberian Penghargaan Kinerja Pemerintah Daerah, Satuan Kerja dan Perbankan dalam Pengelolaan APBN Periode Semester I Tahun 2024, Press Release APBN serta Pemberdayaan UMKM, yang dilaksanakan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Gunungsitoli Jl. Pancasila No. 13 Gunungsitoli, Kamis (11/7/2024)

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Gunungsitoli (Yanti Juliana) dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini dilaksanakan dalam rangka Evaluasi pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga serta sebagai wujud komitmen menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani, selain itu acara ini dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terimakasih serta apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja dan kolaborasi selama ini, dengan harapan penghargaan ini dapat semakin memotivasi seluruh stakeholder untuk terus meningkatkan kinerja dan kolaborasinya dengan KPPN dalam mengawal APBN khususnya di wilayah Kepulauan Nias.

Lebih lanjut kepala KPPN Gunungsitoli menjelaskan bahwa disamping tugas sebagai Bendahara Umum Negara, KPPN juga sebagai Satker yang mendapatkan evaluasi yang sama dengan pemangku kepentingan lainnya, dan selalu didorong untuk memberikan kinerja terbaik dalam rangka mengawal APBN dan juga sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam pengelolaan anggaran sehingga menghasilkan belanja yang berkualitas dan efektif dalam menggerakkan roda perekonomian khususnya di wilayah Kepulauan Nias dan diharapkan dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Wilayah Kepulauan Nias.

Lebih rinci Kepala KPPN Gunungsitoli menjelaskan bahwa anggaran belanja negara yang dialokasikan di Kepulauan Nias sebesar Rp. 5,22 Triliun terdiri dari belanja pemerintah pusat sebesar Rp. 636,17 miliar dan tansfer ke daerah sebesar Rp. 4,59 triliun. Untuk alokasi belanja pemerintah pusat diperuntukkan untuk membiayai keperluan belanja pegawai, belanja barang dan belanja modal yang tersebar di 15 (lima belas) Kementerian/Lembaga dan 69 (enam puluh sembilan) satuan kerja. Dana transfer ke daerah bagi semua Pemerintah Kab/Kota di Kepulauan Nias yang terdiri dari Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp.2,37 triliun, Dana Bagi Hasil Rp.90,96 miliar, Dana Alokasi Khusus ( DAK ) Fisik sebesar Rp.591,57 miliar, DAK non fisik sebesar Rp.648,84 miliar, Dana Desa sebesar Rp.824,98 miliar serta insentif fiskal sebesar Rp.74,65 miliar.

Dalam Pemberian penghargaan Pemerintah Kota Gunungsitoli turut menerima penghargaan dari Kantor KPPN Gunungsitoli sebagai Pemerintah Daerah yang tercepat dalam penyaluran DAK Fisik Tahap I tahun 2024 dan diterima langsung oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Folata Mendrofa, S.Pd.SD

Turut Hadir Sekretaris Daerah Nias Utara, mewakili Kapolres Nias, mewakili Kajari Gunungsitoli, mewakili Ketua Pengadilan, Kepala SAR Nias, Ketua KPU, mewakili Kepala KSOP, mewakili Kepala Bandara Udara Binaka, mewakili Danlanal Nias, Kepala Kantor Kementerian Agama, Kepala Kantor RRI, mewakili Kepala BMKG.

(Press Release No.153/PR-Diskominfo/2024 tanggal 11 Juli 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini